Petani Ini Kembangkan Bunga Kol Warna-warni


Pertanianku – Saat ini tingkat kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi buah dan sayuran semakin tinggi. Masyarakat seolah telah sadar akan pentingnya mengonsumsi buah dan sayuran untuk kesehatan.

Kesadaran untuk mengonsumsi buah dan sayuran bernutrisi tinggi telah mendorong peneliti dan petani di sejumlah negara menciptakan berbagai buah dan sayur aneka warna yang memiliki kandungan gizi lebih tinggi sekaligus lezat.

Selain tomat, wortel dan paprika sekarang telah dipasarkan kembang kol atau kubis berwarna warni. Tampilan sayur ini sungguh sangat memikat, dengan kandungan gizi yang lebih tinggi dan lengkap dibandingkan kol biasa.

Andrew Burgess (48), petani di Peterborough, Inggris, telah mengembangkan kembang kol warna pelangi, yang terdiri atas warna ungu, oranye, dan hijau muda. Perubahan warna kembang kol ini bukan hasil dari modifikasi genetik tanaman, melainkan hasil dari pemuliaan selektif yang berlangsung cukup panjang.

Melalui percobaan yang tidak kenal lelah, dengan menyilangkan aneka varietas kembang kol yang ada, salah satunya dengan benih varietas kembang kol kuno yang sudah jarang ditemukan ia berhasil melahirkan kol baru yang menarik.

“Kandungan gizi dan manfaatnya juga lebih banyak dibandingkan kol biasa. Selain itu, warnanya juga membuat makanan olahannya jadi tampak lebih menarik,” ungkapnya.

Ditambahkannya, ide awal untuk menciptakan kembang kol warna warni ini adalah untuk mengubah pandangan orang terhadap sayuran.

Ia berharap, tampilan baru kembang kol akan membuat banyak orang, terutama anak-anak tertarik mengonsumsi sayuran. Tidak hanya semakin menarik, kol ini juga diklaim jauh lebih sehat daripada yang biasa.

Kembang kol warna hijau disebut juga broccoflower, memiliki kandungan beta karoten yang tinggi, vitamin C, vitamin A dan rasanya sedikit manis, serta memiliki kandungan protein yang jauh lebih besar daripada kembang kol pada umumnya.

Baca Juga:  Konsumsi Buncis Bantu Memperlambat Proses Penuaan

Kembang kol berwarna oranye sangat tinggi kandungan beta-karotennya, dengan rasa sedikit pedas dan bertekstur lembut. Sementara, kembang kol warna ungu diakui memiliki kandungan anthocyanin yang cukup tinggi. Anthocyanin adalah zat warna yang banyak ditemukan pada bunga, kubis merah dan anggur merah.

Saat ini kembang kol unik ini masih belum dijual komersial karena masih terus dikembangkan dan disempurnakan. Namun, Andrew sudah berencana memasarkannya dengan penampilan yang menarik, di antaranya dengan wadah tas warna-warni. Direncanakan dalam waktu dekat sayuran ini bisa dijumpai di berbagai supermarket dan toko swalayan di Inggris.

loading...
loading...