Petani Jepang Ciptakan Inovasi Jeruk Segi Lima


Pertanianku – Buah yang satu ini sangat popular dan dikenal di Indonesia, jeruk adalah tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Semua orang pasti mengenal buah jeruk karena rasanya yang manis dan asam. Buah dengan kandungan gizi tinggi yang kaya akan vitamin C ini sangat mudah kita jumpai di toko-toko buah ataupun di pasar, harganya pun tergolong murah dan sangat terjangkau.

Petani Jepang Ciptakan Inovasi Jeruk Segi Lima
wordpress

Biasanya kita melihat jeruk berbentuk bulat seperti bola tenis, tapi tahukah Anda di negeri matahari terbit, Jepang, petani membuat inovasi dengan menghadirkan jeruk yang berbentuk persegi lima. Jeruk yang satu ini dinamakan Gokakukei Iyokan, petani Jepang menyebutnya sebagai jeruk segi lima di musim panas.

Jeruk Gokakukei Iyokan serupa terlihat seperti jeruk mandarin yang biasa Anda makan, namun bedanya jeruk Gokakukei Iyokan berbentuk segi lima. Ide membuat jeruk segi lima ini berawal dari para petani yang merasa bosan dengan bentuk jeruk yang bulat. Akhirnya ide kreatif itu muncul dan menjadikan jeruk Gokakukei Iyokan yang lumayan popular di Jepang karena bentuknya yang unik dan menarik mata setiap yang melihatnya.

Tak hanya petani Jepang yang mampu menciptakan jeruk berbentuk segi lima, Anda pun bisa mencobanya sendiri, dengan cara membuat cetakan segi lima lalu masukkan buah jeruk ke dalamnya biarkan jeruk tumbuh di pohon seperti cetakannya.

Baca Juga:  Cerita di Balik Munculnya Tomat Hitam
loading...
loading...