Philodendron Bipinnatifidum, Tanaman Hias yang Bagus untuk di Dalam Ruangan

Pertanianku — Hingga saat ini tren tanaman hias masih cukup tinggi di Indonesia. Tingginya permintaan tanaman hias tidak lepas dari tren gaya hidup serta selera masyarakat yang kian menyukai unsur-unsur alami. Ada banyak tanaman hias yang dapat menambahkan kesan asri di dalam ruangan, salah satunya adalah Philodendron bipinnatifidum.

Philodendron Bipinnatifidum
foto: Trubus

Nama ilmiah tanaman hias ini adalah Philodendron Bipinnatifidum Schott ex Endslicher Syn. P. bipinnatifidum termasuk famili Araceae. Tanaman ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama Philo bergerigi.

Philodendron bipinnatifidum sering digunakan sebagai tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan. Warna daun hijau dan bentuknya yang unik membuat tanaman ini sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam konsep ruangan yang ada di rumah.

Tanaman ini biasanya berada di daerah tropis, seperti Amerika Tropis dan subtropis yang berada di bagian selatan. Saat ini, P. bipinnatifidum sudah tersebar luas di wilayah Asia dan Indonesia. Bahkan, Anda bisa menjumpai tanaman ini dengan mudah di toko-toko tanaman hias.

Habitat asli dari P. bipinnatifidum adalah Hutan Amazon yang sedikit lembap. Di habitat aslinya, tanaman hias ini merupakan tanaman hutan yang tumbuh di tanah yang kaya unsur hara dan sedikit masam.

Di Indonesia, P. bipinnatifidum sudah dibudidayakan dalam skala luas di lahan yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung sepanjang hari. Tanaman hias ini dibudidayakan di atas tanah dengan kandungan unsur hara yang cukup.

Batang tanaman merupakan batang monokotil yang dapat tumbuh hingga setinggi 2 m dan berdiameter 5—10 cm. Tangkai daun P. bipinnatifidum bisa tumbuh hingga 10—50 cm. Ciri khas tanaman ini adalah bentuk daunnya yang menjari, lebar melonjong dan berdiameter sekitar 1 m. Daun P.bipinnatifidum berwarna hijau. Dari batang ruas daun mengeluarkan akar air.

Baca Juga:  Penyakit Gosong pada Tanaman Jagung

Selain digunakan sebagai tanaman hias, P. bipinnatifidum sering dijadikan sebagai daun potong yang digunakan untuk rangkaian bunga yang besar.

Harga P. bipinnatifidum masih terbilang wajar dan terjangkau. Jika Anda cek di e-commerce, harganya masih sekitaran Rp30.000 ke atas.

 

 


loading...