Pil KB Digunakan sebagai Penyubur Tanaman, Bagaimana Bisa?!


Pertanainku – Pil KB diketahui sebagai salah satu obat yang banyak dikonsumsi oleh wanita yang telah menikah. Penggunaannya berfungsi mencegah kehamilan. Namun, apa jadinya jika pil KB digunakan untuk menyuburkan tanaman? Pasti Anda tidak percaya ‘kan jika obat yang satu ini bisa menyuburkan tanaman cabai.

Foto: pixabay

Pil KB bisa mempercepat munculnya bunga. Tanaman yang tadinya susah berbunga akan cepat berbunga. Dan, mengatasi layu pada tanaman cabai. Hal tersebut diklaim juga untuk menghemat pengeluaran petani. Sungguh tak terpikirkan sebelumnya bukan?

Walaupun sudah ada petani yang mencoba, belum ada dosis yang pasti berapa butir dalam setiap pengunaannya. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan pil KB bersama air, kemudia disemprotkan ke tanaman cabai yang mengalami sulit berbunga atau kurang subur.

Sebagian petani menggunakan 3—4 butir pil KB yang dicampurkan dengan 20 liter air dan dimasukkan ke tangki, kemudian disemprotkan pada tanaman cabai yang mengalami sulit berbunga.

Walaupun pada praktiknya menggunakan tanaman cabai, kemungkinan juga baik untuk tanaman lain yang mengalami masalah tersebut. Misalnya, tanaman tomat, terong, dan tanaman-tanaman lain.

Untuk para petani yang ingin mencoba hal ini, sebaiknya cobalah di lahan kecil. Dan, pakai pil KB secukupnya, bisa 3—8 biji pil KB yang kemudian dicampur 20 liter air bersih.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik
loading...
loading...