Pilih Mana? Ikan Hias Air Tawar atau Ikan Hias Air Laut?


Pertanianku – Sebelum menentukan dan memelihara jenis ikan hias, ada baiknya bila terlebih dahulu mencari informasi sebanyakbanyaknya mengenai jenis-jenis ikan hias yang menarik, antara lain dengan membaca majalah khusus perikanan atau dengancara “berselancar” di internet. Dengan demikian, tidak akan ada keraguan dalam menentukan jenis ikan apa yang layak dijadikan sebagai ikan hias peliharaan. Selain itu, dengan bekal pengetahuan tersebut, hal-hal seperti perilaku ikan, kondisi akuarium/lingkungan hidup yang dibutuhkan, serta Informasi mengenai pakannya sudah dipahami sebelum Terjun langsung dalam pemeliharaannya.

Ikan Hias Air Tawar atau Ikan Hias Air Laut

Saat ini, ikan hias yang ada di pasaran terdiri dari ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Oleh karena masing-masing memiliki habitat yang berbeda, perawatan dan perlakuan yang diberikan pun tentu berbeda. Beberapa poin di bawah ini dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan, apakah memilih ikan hias air tawar atau ikan air laut.

  • Menghadirkan keindahan bawah laut di dalam rumah memang sangat menarik. Terlebih warna-warna yang ditampilkan ikan hias air laut serta organisme hidup lainnya seperti terumbu karang atau anemon laut cukup unik dan sangat indah. Namun, untuk benar-benar menikmatinya, pengetahuan dasar mengenai perawatannya harus benarbenar dikuasai. Dibandingkan dengan ikan hias air tawar, ikan hias air laut memang lebih sensitif terhadap kualitas air. Dengan demikian, perawatannya harus lebih intensif.
  • Bila dibandingkan ikan hias air laut, ikan hias air tawar memang lebih mudah ditemukan hampir di semua toko ikan hias dan dengan harga yang relatif bervariasi. Selain itu, perawatannya juga lebih mudah, misalnya jenis cupang atau guppy.

 

Sumber: Buku 200 Tips Merawat Ikan Hias Di Rumah

Baca Juga:  Tingkatkan Potensi Ikan Hias Lewat Nusantara Aquatic (Nusatic)
loading...
loading...