Pilih Organik Atau Hidroponik, Jika Mengonsumsi Sayuran Mentah?


Pertanianku – Konsumsi sayuran mentah tengah menjadi tren di kalangan masyarakat modern saat ini terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota besar. Bila Anda salah satu pelakunya, ada baiknya untuk memilih mengonsumsi sayuran organik ketimbang sayuran yang tumbuh subur dengan metode bercocok tanam lainnya.

Pilih Organik Atau Hidroponik, Jika Mengonsumsi Sayuran Mentah

Ketua Yayasan Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, Dr. Tirta Prawita Sari, MSc mengatakan tingkat keamanan tanaman organik sudah terjamin mutunya. Terlebih dari proses penanamannya, tanaman jenis organik tidak menggunakan pupuk kandang dan semprotan pestisida. “Keamanan sudah jelas yang organik, ya. Ini cocok dikonsumsi bagi mereka yang suka makan salad, karedok, lalapan, dan makanan mentah lainnya,” ungkap Dr. Tirta seperti dikutip Health Liputan6 (24/5/)

Tirta menambahkan untuk tanaman jenis lain terlebih tanaman yang berasal dari metode hidroponik, kata Tirta menambahkan, dilihat dulu bagaimana prosesnya sampai tanaman itu tumbuh. Bila menggunakan nutrisi yang tergolong organik, maka manfaatnya akan sama. “Tapi kalau yang tidak, yang sudah jelas menggunakan pestisida, harus diperhatikan dengan benar. Meski ada yang larut air, tapi tidak 100%.”

Tirta menekankan, meski sayuran organik sudah terjamin keamanan dan kesehatannya, bukan berarti sayuran itu dicuci asal-asalan. Memang, sayuran organik tidak menggunakan pestisida, tapi tetap sayuran itu ada kuman atau bakteri di dalamnnya. “Apa pun jenisnya, cucinya jangan asal-asalan. Apalagi organik. Walaupun tidak menggunakan pestisida, tetap saja ada bakteri yang harus diwaspadai,” tutur Tirta menerangkan.

Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Kangkung Hidroponik di Baskom