Pilih Sangkar Lovebird dan Bentuknya


Pertanianku Sangkar untuk burung cinta atau lovebird sekarang ini sangat mudah dan cukup banyak dijual di pasar, baik pasar burung maupun penjual sarana untuk burung. Mengingat burung cinta suka menggigit sangkar, bahan yang digunakan dalam pembuatan sangkar sebaiknya menggunakan besi dengan penampung kotoran dari bahan plastik.

Mencetak Bulu Eksotis dan Unggulan Kontes

Bentuk sangkar yang dibuat dan digunakan umumnya bulat walaupun sebenarnya bentuk segi empat lebih baik untuk burung peliharaan. Berdasarkan penelitian dan sudut pandang ahli burung, sangkar dengan bentuk segi empat cukup ideal atau lebih cocok digunakan memelihara burung. Adapun sangkar berbentuk bulat kurang sesuai karena orientasi penglihatan burung sama seperti halnya manusia, tergantung sepenuhnya pada garis batas yang dilihat oleh mata. Untuk alasan tersebut, suatu garis dimarkasi di udara terbuka yang mengitari burung secara vertikal dan horizontal sedapat mungkin harus bisa membuatnya nyaman. Pengertian seperti itu hanya bisa diperoleh dari bentuk sangkar segi empat. Adapun bentuk sangkar bulat, ke mana pun burung memutar, memandang, atau melihat terdapat batas ruang melingkar, terutama jika dibuat memanjang ke atas. Hal seperti itu sangat membatasi ruang gerak burung dan terasa menjadi sempit.

Jika mencermatinya dengan baik, aktivitas burung cinta cukup tinggi dalam sangkarnya. Oleh karena itu, tempat tinggalnya perlu dibuat sedemikian rupa agar nyaman saat dihuninya. Jadi, bentuk sangkar perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan jika ingin lovebird menunjukkan kemampuan suara terbaiknya.

 

Sumber: Buku Love Bird

 

Baca Juga:  Cara Ternak Marmut Supaya Beranak Pinak
loading...
loading...