Pisang Cepat Menghitam? Gunakan Cara Ini!


Pertanianku Pisang cepat menghitam? Mungkin ada kesalahan penyimpanan sehingga membuat buah pisang yang Anda beli penampilannya cepat menghitam. Hal pertama yang harus Anda tahu tentang menyimpan pisang adalah jangan menaruhnya di kulkas, terutama sebelum pisang benar-benar matang.

Pisang cepat menghitam
Foto: Pixabay

Pisang adalah buah tropis, maka tak heran jika Anda bisa dengan sangat mudah menemukan buah ini sepanjang tahun dalam berbagai jenis. Akan tetapi, hal ini juga yang membuat buah pisang jadi tidak tahan dingin.

Menyimpan pisang di kulkas justru akan membuatnya tidak bisa benar-benar matang. Ungkapan tersebut dinyatakan oleh pakar pisang dari Chiquita Banana, mengutip Health, Jumat (22/12/2017). Bahkan, setelah diletakkan kembali di suhu ruang, kemungkinan pisang untuk matang akan hilang.

Saat pisang matang, rasanya akan jadi semakin manis, lembut, dan harum, sekaligus jadi kecokelatan. Perubahan warna pada pisang itu bukan berarti dia sudah busuk. Ini merupakan proses alami dari buah dengan kulit berwarna kuning itu. Semakin pisang matang, maka warnanya akan semakin cokelat.

Jika Anda ngotot ingin menyimpan pisang di dalam kulkas, waktu terbaik melakukannya adalah ketika sudah mulai muncul bintik-bintik cokelat di kulit pisang. Hal ini menandakan bahwa karbohidrat di dalamnya sudah berubah jadi gula.

Selain itu, jangan simpan di tempat tertutup. “Begitu buah matang, mereka bisa disimpan di kulkas saat kulitnya sudah mulai muncul bercak,” begitu kata Harold McGee dalam On Food and Cooking: The Science and Lore of the Kitchen.

Ia juga mengingatkan bahwa kulit buah tetap bisa menghitam. Namun jangan khawatir, pisang yang sudah menghitam itu tetap bisa Anda gunakan dan dimakan. Bahkan, walau penampilannya tidak terlihat meyakinkan.

Baca Juga:  Penggunaan ZPT Bisa Bantu Perbanyak Buah Cabai

Sementara itu, Christina Tosi dari Milk Bar justru mengatakan, pisang yang sudah menghitam itulah yang akan memberikan rasa dan wangi terbaik ketika diolah menjadi makanan. Namun, cara terbaik untuk menjaga pisang tetap segar selama mungkin adalah dengan membelinya dalam keadaan masih sedikit hijau.

Kemudian, biarkan pisang ada di suhu ruang sampai mereka siap dimakan. Jangan simpan pisang di dalam kantong, atau tempat tertutup. Hal ini hanya akan membuatnya jadi makin cepat busuk.