Khasiat Pisang yang Menakjubkan, Yuk, Cari Tahu!


    Pertanianku — Pisang, buah tropis yang tersedia sepanjang tahun berasal dari Asia Tenggara. Semua orang pun mengenalnya karena mudah diperoleh. Banyak khasiat pisang yang bisa Anda peroleh.

    Khasiat pisang
    Pixabay

    Buah pisang muda berkhasiat sebagai antidiare, antidisentri, dan bermanfaat untuk membantu pengobatan tukak lambung. Bunga pisang bermanfaat untuk mengatasi hipertensi, penyakit jantung koroner, muntah darah, dan wasir berdarah. Sementara itu, akarnya bermanfaat untuk penderita tekanan darah tinggi, hiperkolesterolemia, alergi (urtika), dan sakit gigi.

    Pisang bisa dikonsumsi sebagai pencuci mulut seperti puding, kue, campuran es krim, atau pengisi roti. Bisa juga dikukus, digoreng, dibuat kolak, dibuat selai, jeli, keripik, atau tepung pisang.

    Pisang tinggi kadar vitamin B6 dan merupakan sumber vitamin C, kalium, dan serat. Pisang berwarna merah dan dari jenis plantain merupakan sumber vitamin A. Satu buah pisang mengandung sekitar 487 mg kalium atau menyediakan 14% kebutuhan kalium dalam sehari.

    Berikut ini berbagai manfaat pisang.

    1. Agar pisang yang diiris tipis tidak berubah warna menjadi kecokelatan, rendam sebentar dalam air yang diberi perasan lemon.
    2. Gosokkan kulit pisang emas bagian dalam pada telapak tangan dan telapak kaki yang kasar/pecah-pecah agar lebih halus.
    3. Kalau Anda sering menderita kram, cobalah rutin makan pisang.
    4. Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung, karena pisang mampu menetralkan kelebihan asam lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung.
    5. Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu. Dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30—40 menit. Basuh dengan air hangat, kemudian bilas dengan air dingin. Diulang selama 15 hari makan akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.
    6. Campurkan satu buah pisang matang dan 1 sendok makan madu untuk membuat masker rambut. Oleskan pada rambut dan biarkan selama 15—20 menit, kemudian bilas sampai bersih.
    7. Gunakan bagian dalam kulit pisang dan gosokkan pada bekas gigitan nyamuk. Hal ini dapat mengurangi bengkak dan iritasi.
    Baca Juga:  Tertarik untuk Ternak Ayam Kampung? Ikuti Langkah Mudah Ini!
    loading...
    loading...