Pohon Berangan yang Ada di Indonesia

Pertanianku — Apakah Anda pernah melihat pohon yang satu ini? Pohon berangan disebut-sebut berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Sumatera. Pohon ini sendiri tergabung dalam genus Castanopsis yang punya lebih dari 120 spesies di seluruh dunia. Habitat pepohonan Castanopis sendiri dapat ditemui di Asia tropika dan subtropika.

Pohon berangan
Foto: pixabay

Di daerah Kepulauan Bangka, pohon berangan sangat umum dijumpai. Dahulu, pohon berangan tumbuh di banyak lokasi di pulau yang dekat dengan Pulau Belitung ini. Tak hanya menjadi peneduh, pohon berangan juga memiliki buah yang terkenal lezat dikonsumsi, yakni buah chesnut atau kacang keju yang juga biasa dijumpai di luar negeri dari pohon genus Castanopis yang lain.

Pohon yang satu ini juga dikenal sebagai pohon berang. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan lahan untuk ditanami sawit dan penambangan semakin membuat pohon berangan kehilangan habitatnya. Buah berang pun tidak lagi bisa dijumpai dengan mudah.

Loading...

Di benua lainnya seperti Eropa dan Amerika, pohon penghasil kacang chesnut dimanfaatkan buahnya sebagai camilan dan sayuran. Memasuki musim dingin, buah chesnut laris manis dijual di sepanjang jalan di Amerika.

Kandungan lemak tak jenuh pada jenis kacang pohon ini baik bagi kesehatan. Kacang ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan kue dan pastry. Bedanya, jenis pohon tersebut merupakan spesies Castanea sativa yang ada di Eropa atau Castanea dentata yang ada di Amerika.

Di belahan bumi lain seperti Cina, spesies lain dari genus Castanopis yang masih berkerabat dengan pohon berangan juga banyak ditemukan. Spesies yang biasa tumbuh di Asia Timur ini adalah Castana mollissima. Sementara, pohon Castanea crenata bisa dijumpai di Jepang.

Bagian-bagian pohon berangan bisa dimanfaatkan, mulai dari buahnya yang bisa dikonsumsi setelah direbus atau digongso. Di Cina, buah chesnut diolah dengan briket batubara dalam satu wadah untuk mematangkan buah tersebut. Di negara tetangga kita, yaitu Malaysia, buah berangan dihargai hingga 18 ringgit Malaysia per kilogram.

Baca Juga:  Cara Mematangkan Avokad dengan Cepat

Daun berangan memiliki khasiat menghentikan darah pada jaringan yang terluka, antidiare, dan obat terkilir. Daun yang sudah direbus biasa digunakan sebagai obat batuk dan obat demam. Sementara, kayu berangan dimanfaatkan sebagai bahan material bangunan karena tahan terik dan hujan. Berbagai perabot juga bisa dibuat dengan kayu berangan.

Di alam liar, pohon berangan bisa tumbuh pada suhu 10—35 derajat Celcius. Tanaman ini tumbuh baik pada tanah ringan berpasir hingga tanah berat pada ketinggian 1.000 mdpl.

Loading...
Loading...