Pohon-pohon Ini Bisa Menahan Longsor


Pertanianku — Beberapa waktu terakhir, curah hujan cukup tinggi dan mengakibatkan bencana seperti yang baru-baru ini ramai dibicarakan, yaitu tanah longsor di daerah Bogor, Jawa barat. Sebenarnya, untuk mencegah longsor, terdapat cara alami seperti menggunakan tanaman. Pohon-pohon ini bisa menahan longsor atau erosi tanah.

pohon-pohon ini bias menahan longsor
Foto: Google Image

Pohon apa sajakah itu? Setidaknya ada 3 jenis pohon yang bisa dijadikan sebagai tanaman penahan longsor. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Gamal (Gliricidia maculata)

Gamal berasal dari Amerika Tengah dan Brazilia yang beriklim kering. Tanaman ini diperkirakan masuk ke Indonesia untuk digunakan sebagai tanaman pelindung pada areal perkebunan di daerah Medan.

Gamal berbentuk pohon, semak, daun majemuk bersirip ganjil. Bunga berbentuk malai, lukar dari ketiak daun, bunga berwarna merah jambu, buah polongan, dan akarnya cukup dalam. Fungsi tanaman gamal, yaitu sebagai pelindung, pagar, makanan ternak, dan penahan erosi. Tanaman ini dapat diperbayak dengan menggunakan stek ataupun biji.

  1. Kaliandra (Calliandra calothrysus)

Tinggi tanaman kaliandra dapat mencapai 8 meter. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.500 m dpl. Ia juga toleran terhadap tanah yang kurang subur, dapat tumbuh cepat dan berbintil akar sehingga mampu menahan erosi tanah dan air.

Penanaman kaliandra pada tanah-tanah yang kurang produktif dapat menekan pertumbuhan gulma. Selain itu, tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman penahan erosi dan penyubur tanah.

  1. Turi (Sesbania grandiflora)

Turi termasuk sejenis tanaman semak dan di Indonesia banyak ditanam di pematang sawah. Sifat khusus dari tanaman turi adalah pertumbuhannya yang begitu cepat. Tinggi tanaman bisa mencapai 10 meter, dan bunganya besar berbentuk seperti kupu-kupu berwarna merah muda, putih atau ungu.

Tanaman ini berdaun kecil dan bulat, buahnya berbentuk polong yang panjang.Turi dapat beradaptasi pada tanah asam yang tidak subur, tanah kapur, kadang-kadang juga tumbuh subur pada tanah yang tergenang air.

Seluruh masyarakat Timor pasti mengenal tanaman ini. Turi merupakan pohon serbaguna sebagai makanan hewan, sayuran konsumsi manusia, untuk kayu bakar dan batangnya sebagai material konstruksi ringan serta sangat baik untuk meningkat kesuburan lahan.

  1. Lamtoro gung (Leucaena leucocephala)

Tanaman ini berbentuk pohon yang bisa mencapai ketinggian 10 meter dan memiliki akar yang cukup dalam. Daunnya kecil-kecil bentuknya lonjong, bunganya bertangkai. Tanaman ini toleran terhadap hujan, angin, kekeringan, serta tanah-tanah yang kurang subur.

loading...
loading...