Pohon Tinggi yang Tepat Dijadikan Tanaman Hias

PertaniankuTanaman hias tidak selamanya harus ditanam di dalam pot dengan ukuran yang kecil hingga sedang. Pohon besar bisa ditata menjadi tanaman hias yang menghidupkan pekarangan sekaligus menaungi rumah agar terhindar dari intensitas cahaya yang berlebih dan debu masuk ke rumah. Berikut ini beberapa pohon yang bagus dijadikan tanaman hias.

tanaman hias
foto: pixabay

Acacia auriculiformis

Pohon ini dikenal dengan nama pohon akasia yang memiliki tajuk lebar dan besar. Pohon akasia bisa dijadikan point of interest atau dijadikan sebagai pohon penunjuk jalan yang menarik. Tak heran, pohon akasia sangat mudah dijumpai di pinggiran jalan. Selain itu, tajuknya yang besar dan rimbun dapat menjadikan pohon akasia sebagai pohon peneduh.

Loading...

Jenis pohon akasia yang bisa dijadikan tanaman hias ada dua, yaitu Acacia auriculiformis dan Acacia longifolia. Tinggi pohon Acacia longifolia jauh lebih rendah daripada Acacia auriculuformis, hanya sekitar 15—25 m.

Adenanthera spp.

Pohon ini dikenal dengan nama pohon saga, segaw, ki toke laut, atau ghak saghakan. Pohon saga sangat cocok dijadikan pohon peneduh karena memiliki tajuk yang besar dan tinggi. Tinggi pohon saga bisa mencapai 11—30 m. Daunnya berwarna hijau dan bijinya berwarna merah cerah berbentuk pipih. Pohon saga biasanya ditanam di daerah taman-taman kota untuk menambah rimbun taman. Bijinya yang berwarna merah biasanya jatuh berserakan di bawah pohon.

Araucaria heterophylla

Di Indonesia, pohon ini bernama cemara norflok, sedangkan di Inggris bernama star pine dan norflok island pine. Pohon cemara norflok memiliki bentuk tajuk yang unik beserta dengan susunan cabang dan rantingnya. Hal tersebut menyebabkan pohon cemara norflok sangat baik dijadikan pohon point of interest. Pohon cemara norflok juga sering dijumpai di pinggir jalan karena pohon ini juga bisa berfungsi sebagai penunjuk jalan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Tanaman Hias Pelindung

Ficus benjamina L.

Pohon beringin menjadi salah satu pohon besar yang sering ditanam oleh masyarakat Indonesia. Pohon ini sangat baik digunakan sebagai peneduh karena memiliki tajuk yang lebar dan tinggi. Tinggi pohon beringin bisa mencapai 30 m.

 

 

 

Loading...
Loading...