Pot yang Bisa Digunakan untuk Menanam Tomat

Pertanianku — Ada banyak jenis pot yang bisa digunakan untuk menanam tomat. Pot merupakan modal awal yang penting dan harus disesuaikan dengan bentuk pohon yang akan ditanam. Pot pohon tomat bisa menggunakan pot plastik, pot keramik, pot tanah liat, pot kayu, polibag, dan wadah bekas. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan selera Anda.

pot pohon tomat
foto: pertanianku

Pot plastik

Pot pohon tomat yang berbahan plastik memiliki sifat kedap air. Pot ini paling sering dipilih untuk menanam tomat karena bahannya ringan dan harganya cukup murah. Kekurangan pot ini hanya tidak bisa bertahan lama karena mudah pecah jika pemakaiannya sembarangan.

Loading...

Pot keramik

Pot keramik yang digunakan sebagai wadah untuk menanam pohon tomat bisa menambahkan kesan indah, anggun, dan menarik. Pot ini biasanya digunakan sebagai pot sekunder atau pot cover yang tidak langsung bersentuhan dengan media tanam. Hal ini karena fungsi utama dari pot keramik adalah memperindah penampilan pohon.

Pohon tomat yang ditanam dalam pot keramik pasti diletakkan di teras sebagai pohon hiasan yang bisa menambahkan kesan mewah pada rumah Anda. Namun, harga pot ini terbilang cukup mahal sehingga jarang yang menggunakannya. Selain itu, bobot pot ini cukup berat, sifatnya kedap air, kedap udara, dan tidak porous.

Pot tanah liat

Pot tanah liat memiliki sifat yang porous karena memiliki banyak lubang pori-pori. Oleh karena itu, udara dan air bisa keluar-masuk pot. Keunggulan dari pot tanah liat adalah harganya murah.

Namun, pot tanah liat mudah pecah dan retak jika terkena benturan atau tidak sengaja terjatuh. Saat pot kotor, pot lebih susah dibersihkan sehingga penampilannya menjadi kurang menarik.

Pot kayu

Baca Juga:  Penyakit Hawar Daun pada Tanaman Jagung

Pot kayu biasanya dibuat sendiri oleh penanam dari kayu yang sudah tidak terpakai lagi. Pot kayu memiliki aerasi dan drainase yang tinggi sehingga bagus untuk mendukung media tanam yang baik bagi tanaman. Namun, pot kayu mudah rusak oleh rayap sehingga tidak tahan lama.

Wadah bekas

Jika Anda memiliki wadah bekas seperti kaleng cat, galon air, ember tidak terpakai, drum bekas, dan wadah bekas lainnya, bisa digunakan untuk menanam tomat. Namun, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu agar wadah bekas bebas dari bahan kimia atau penyakit, dan terlihat lebih indah.

Loading...
Loading...