Pot yang Cocok untuk Menanam Cabai

Pertanianku — Cabai tak hanya dapat tumbuh subur di tanah, tetapi juga bisa di pot. Menanam cabai di pot sudah sering dilakukan oleh pehobi atau mereka yang memiliki keterbatasan lahan untuk budidaya. Biasanya, cabai yang ditanam di pot lebih sering dimanfaatkan untuk kebutuhan pribadi. Namun, tidak menutup kemungkinan cabai tersebut dikomersialkan untuk mendatangkan keuntungan.

menanam cabai di pot
foto: pixabay

Tidak ada perawatan khusus untuk cabai yang ditanam di pot. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan yang lebih esktra seperti media tanam dan pot.

Untuk Anda yang menanam cabai sebagai tanaman hias, pemilihan pot yang tepat sangat penting untuk menunjang penampilan tanaman. Pot yang tepat dapat membuat tanaman terlihat lebih cantik sehingga fungsi sebagai tanaman hias semakin terasa lebih kental.

Pilih pot yang bentuknya sedikit artistik, kemudian tata tanaman di tempat yang tepat untuk mengeluarkan aura tanaman cabai. Pot yang digunakan dalam budidaya cabai sangat bervariasi, bergantung pada posisi atau tempat pot tersebut akan diletakkan.

Pot yang akan diletakkan di dalam rumah harus terlihat lebih bagus, menarik, dan bersih. Sementara itu, pot yang diletakkan di luar ruangan dapat berupa pot tanah, kaleng bekas, ember plastik, atau polibag.

Ukuran pot yang digunakan sangat beragam, mulai dari pot kecil dengan diameter 10 cm hingga pot besar berdiameter 15—20 cm. Ukuran pot yang digunakan harus sesuai dengan ukuran tanaman cabai. Semakin besar ukuran pot, akan semakin banyak juga produksi buah yang dihasilkan.

Pot ember berukuran 5 liter atau kaleng bekas berukuran 5 kg dapat memberikan hasil rata-rata 100 buah cabai besar atau minimal sekitar 350 gram per tanaman dalam satu periode penanaman. Satu periode penanaman berlangsung selama delapan bulan sejak pembenihan. Hasil tersebut memang terbilang lebih kecil dibanding tanaman cabai yang ditanam di lahan (tanah) karena hasilnya bisa sebesar 1—2 kg per tanaman.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Bunga Teratai Putih

Setelah mempersiapkan pot yang tepat berdasarkan tempat penyimpanan dan ukuran tanaman, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah media tanam. Media tanam yang baik untuk menanam cabai di dalam pot adalah campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama.