Potensi Besar Bisnis Kaktus Mini


Pertanianku – Saat ini telah banyak masyarakat yang menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan, mulai dari banyaknya peminat cinderamata berupa tanaman hias yang dijadikan suvenir. Salah satu tanaman hias yang banyak diminati adalah kaktus mini. Tanaman hias berukuran kerdil ini memang sangatlah menarik jika dijadikan cinderamata.

Foto: pixabay

Selain itu, kaktus minum pun tergolong tanaman yang mudah dirawat. Bahkan, kini banyak masyarakat menjadikan kaktus mini sebagai hiasan di ruang tamu ataupun ruang kerja. Itu sebabnya, potensi ini tidak disia-siakan oleh para pelaku usaha kreatif.

Tak hanya membudidayakan kaktus mini, mereka juga menghias tanaman tersebut dengan pot dan kemasan menarik. Selain untuk suvenir pernikahan, kaktus mini juga banyak diminati untuk acara ulang tahun dan acara perusahaan. Saat ini harga kaktus mini untuk suvenir berkisar Rp5.000 hingga Rp50.000, bergantung jenis kaktus dan kemasannya.

Salah satu keuntungan bisnis kaktus mini adalah cara budidaya dan perawatan yang relatif mudah. Yang terpenting, pilih jenis kaktus yang paling diminati konsumen. Yang terbaik, pilih kaktus yang memiliki diameter 8 cm, 10 cm, dan 12 cm dengan tinggi mulai dari 12—15 cm.

Bibit kaktus dapat ditanam dari biji atau dari anakan sendiri. Bibit bisa dibeli di toko tanaman bunga. Sementara, untuk menanamnya bisa ditanam di dalam pot atau di tanah langsung.

Kesalahan yang sering dilakukan para penggemar tanaman kaktus adalah memberikan air yang berlebih dengan melakukan penyiraman yang rutin. Ini merupakan kesalahan yang fatal karena tanaman kaktus merupakan tanaman yang hidup di habitat kering.

Selain itu, tanaman kaktus sangat menyukai sinar matahari seperti di habitat aslinya, yaitu gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap karena daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air, kaktus akan cepat membusuk dan mati.

Baca Juga:  Yuk, Percantik Tampilan Rumah dengan Mini Garden

Kaktus juga harus diberi pupuk agar berkembang dengan baik. Namun, pupuknya tidak sama dengan tanaman biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (Petroganik). Mengganti media tanam pada tanaman kaktus perlu dilakukan apabila kaktus tidak menunjukkan pertumbuhannya sama sekali.

Apabila kaktus mini sudah siap jual, perlu disiapkan pot yang cantik serta kemasan yang menarik. Untuk membuatnya tampak lebih indah, kita bisa memberikan sentuhan seperti pita dan juga berbagai macam warna baru kerikil yang kita susun di atas pot.

loading...
loading...