Potensi Besar Budi Daya Kucing Anggora

Pertanianku – Bagi Anda pecinta kucing tertarikkah menjalankan bisnis budi daya kucing anggora? Kucing anggora memiliki potensi besar jika dijadikan bisnis. Budi daya kucing anggora bisa mendatangkan keuntungan, mengingat harganya yang mahal di pasaran, menjadikannya peluang bisnis ini dirasa cukup menjanjikan.

Potensi Besar Budi Daya Kucing Anggora

Bisnis budi daya kucing anggora tidak pernah sepi, karena kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat bersahabat. Bahkan, banyak orang memelihara kucing anggora untuk menunjukkan status sosial pemiliknya. Hal itulah yang membuat kucing anggora hingga saat ini masih menjadi primadona.

Loading...

Berikut tips budi daya kelinci anggora.

  • Memilih kucing anggora

Pasaran kucing anggora yang berkualitas bagus di pasaran harganya sekitar Rp10 juta bahkan bisa lebih. Jika kucing tersebut sudah pernah memenangi sebuah kontes, tentu saja harganya akan lebih dari Rp10 juta. Harga pasaran kucing anggora secara umum mulai dari Rp1 juta–Rp6 juta.

Untuk membudidayakan kucing anggora tentu saja memerlukan indukan berkualitas. Selain itu, kita harus menentukan pemilihan lokasi, pakan, obat-obatan, dan besaran biaya yang dibutuhkan.

  • Mengawinkan kucing anggora

Pada budi daya kucing hal yang paling sulit adalah proses pengawinannya karena sifat hewan ini yang pilih-pilih pasangan ataupun tempat, jadi memang agak rewel. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran. Kucing betina memiliki masa subur setiap dua minggu dan akan berlangsung selama 2—4 hari. Sementara itu, kucing jantan masa suburnya berlangung selama ia sehat.

Betina baru bisa dikawinkan setelah berusia lebih dari setahun. Sebelum dikawinkan, lebih baik kucing divaksin terlebih dulu. Selain itu, kucing harus dalam keadaan bebas jamur ataupun kutu. Untuk kasus mengawinsilangkan kucing, pilihlah indukan kucing yang beda rasnya tidak terlalu jauh.

  • Tanda kucing siap kawin dan hamil
Baca Juga:  Cara Membuat Doping Alami untuk Burug Pleci

Saat kucing ingin kawin biasanya hewan tersebut akan mengeluarkan sinyal seperti mengeong dengan volume suara yang keras dan terjadi terus-menerus, serta berguling-guling di lantai terus-menerus. Jika ingin mengawinkan kucing sebaiknya diberi waktu agar mereka saling berinteraksi atau mengenal dulu, dan biarkan kawin secara natural.

Saat Anda mendapati puting susu betina mulai membesar dan bulu-bulu sekitar puting menipis, tandanya ia hamil. Masa kehamilannya kurang lebih 65 hari.

  • Merawat kucing anggora

Dalam proses budi daya kucing anggora, pekerjaan Anda belum selesai setelah mendapatkan anak kucing saja. Anda juga harus memerhatikan perawatan kucing selanjutnya seperti kebersihan kandang, makanan, dan kesehatannya. Makanan kucing beragam ada yang basah, kering, atau kombinasi. Supaya nafsu makannya bagus, berikan pakan secara variatif. Perhatikan juga kualitas nutrisinya. Selain jenisnya yang beragam, makanan kucing juga banyak macamnya menurut usia dan kondisinya seperti untuk anak-anak, dewasa, hamil, dan menyusui. Makanan ini sangat penting kalau ingin mendapatkan kualitas kucing anggora yang bagus.

  • Kebersihan kandang dan kesehatan kucing

Untuk menjaga bulu tetap indah, kucing anggora memerlukan perawatan yang intensif. Seminggu sekali mandikan dan keramasi kucing menggunakan sampo khusus kucing anggora. Telinga dan kuku kucing bisa dibersihkan memakai baby oil. Lalu, untuk menjaga kondisi kesehatannya berikan vaksin supaya tidak mudah terserang dan tertular penyakit.

Kandang kucing tidak cukup dengan dibersihkan saja, tetapi juga harus diberikan obat sucihama serta cairan desinfektan. Penempatan kandang kucing harus diletakkan di ruangan yang terkena sinar matahari pagi karena baik untuk kesehatan kucing. Ingat, kucing juga bisa menjadi media virus yang menyerang manusia. Jadi, jangan pernah mengizinkan kucing masuk ke kamar dan tidur bersama Anda.

Baca Juga:  Manfaat Memandikan Burung Pleci di Malam Hari
Loading...
Loading...