Potensi Bisnis Kroto Sangat Istimewa

Pertanianku — Tren memelihara burung kicau sudah lama menjadi salah satu gaya hidup masyarakat, baik itu di kota-kota besar maupun di pedesaan. Oleh karena itu, potensi bisnis kroto menjadi sangat menjanjikan. Perlu diketahui, sudah sejak lama pula para pedagang menyaksikan konsumen yang berebut kroto di pasaran, berapa pun harga jualnya. Lantas, apa yang membuat kroto begitu istimewa?

potensi bisnis kroto
Foto: Semut rangrang sedang membawa telur-telurnya (Google Image)

Kroto merupakan komoditas yang harga jualnya reatif stabil. Di berbagai daerah di Indonesia, harga kroto berkisar Rp150.000—Rp200.000 per kg, terutama saat suplai berkurang. Sementara itu, di kota besar seperti Jakarta, harga jual pemburu ke pengepul bisa mencapai Rp100.000 per kg.

Harganya bahkan bisa melonjak sedemikian rupa karena sarang yang dijual merupakan sarang semut rangrang yang diambil dari alam tanpa dibudidayakan terlebih dahulu. Faktor lingkungan, seperti cuaca atau musim dapat membawa pengaruh besar pada nilai ekonomi kroto. Sudah jadi siklus tahunan, setiap musim hujan tiba, kroto akan menjadi barang langka.

Loading...

Jika melihat faktor strategis, Indonesia adalah negara tropis yang cocok dengan standar biologis semut rangrang. Pengembangan usaha budidaya semut rangrang tidak memerlukan tempat yang luas, modalnya tidak mahal, dan tekniknya cukup sederhana. Budidaya semut rangrang juga tidak memerlukan bahan baku impor sehingga pengadaan bahan baku tidak bergantung pada kondisi nilai tukar rupiah.

Dicari kicau mania

Memelihara burung memang mengasyikkan dan dapat mengurangi kepenatan, terlebih jika burung klangenan tersebut termasuk burung yang bagus dari segi warna, bentuk, dan suaranya. Namun, memelihara burung yang berkicau tidak semudah yang Anda bayangkan. Jika perawatannya tidak optimal, dijamin burung kualitas juara kontes pun akan mengalami downgrade atau kembali menjadi burung bakalan.

Baca Juga:  Cara Memancing Burung Cucakrawa Berkicau

Salah satu faktor penting dalam perawatan urung kicauan adalah pakan. Burung kicauan tidak akan bernyanyi riang tanpa asupan pakan tambahan atau pakan penunjang yang berprotein tinggi seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto.

Pakan penunjang kroto diyakini mampu memancing burung untuk lebih berkicau. Jenis kroto basah memiliki kandungan nutrisi terbaik jika dibandingkan dengan jenis kroto lainnya.

Kondisi yang terjadi di lapangan, kini berapa pun harga kroto pasti diburu oleh kicau mania. Pasalnya, stok kroto di pasaran tidak pernah mencukupi kebutuhan konsumen. Hal ini terjadi karena suplai kroto masih diperoleh dari hasil perburuan alam. Kelangkaan inilah yang kemudian menyebabkan melonjaknya harga kroto.

Loading...
Loading...