Potensi Jamur di Kalangan Domestik


Pertanianku – Permintaan pasar jamur kian meningkat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Permintaan yang tinggi tersebut membuat usaha ini memiliki prospek yang bagus. Sebagai contoh, permintaan jamur tiram di daerah Bandung dan sekitarnya saat inimencapai 7—10 ton/ hari. Sementara produksi jamur tiram yang dicapaibaru 2,5—3 ton/hari. Ini berarti produksi jamurtiram masih kurang 4—7 ton/hari. Di Karawang, diprediksi kebutuhan pasar Jakarta akan pasokan jamur merang sekitar 15 ton/hari, sedangkan pasokan dari Karawang baru mencapai sekitar 3 ton.

Potensi Domestik Jamur

Tren jamur memang sedang meroket. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengonsumsi jamur untuk tujuan kesehatan. Jamur memiliki kandungan serat dan vitamin yang tinggiserta bebas kolesterol. Berbeda dengan daging pada umumnya yang mengandung lemak dan kolesterol relatif lebih tinggi. Oleh karena itu, jamur kerap dikonsumsi sebagai pengganti sumber protein hewani. Banyak hidangan berbahan dasar jamur yang mulai populer di masyarakat. Rasanya yang mirip daging ayam menjadikan jamur digemari kaum vegetarian.

Sekarang ini produk jamur tidak hanya dipasarkan dalam keadaan segar saja, namun juga mulai diolah menjadi aneka macam produk olahan jamur. Tekstur lembut, penampilan yang menarik, dan cita rasa yang netral, membuat jamur mudah dipadukan dengan berbagai bumbu. Kini usaha franchise makanan olahan jamur semakin populer. Belum lagi produk kesehatan yang berasal dari jamur semakin banyak karena memang khasiatnya mujarab. Jelas bahwa bisnis jamur bukan usaha musiman semata. Kondisi inilah yang menjadikan peluang usaha jamur konsumsi di dalam negeri masih terbuka lebar.

 

Sumber: Buku Agriflo Jamur

 

Baca Juga:  Konsumsi Jamur Tiap Hari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh, Waspada!
loading...
loading...