Potensi Jamur di Kalangan Internasional


Pendidikan – Permintaan pasar jamur dunia masih terbuka lebar. Terbukti setiap bulannya permintaan komoditas ekspor jamur cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, masyarakat di negara maju sudah mencantumkan jamurdi dalam daftar belanja bulanan mereka. Kondisi ini menciptakan pasar internasional yang cukup besar untuk komoditas jamur.

Potensi Internasional Jamur

Produksi jamur di Indonesia hanya mampu memasok sekitar 0,9% dari permintaan pasar ekspor Eropa dan Amerika.Secara umum neraca perdagangan komoditasjamur Indonesia sejak  tahun 2000 hingga 2006  menunjukkan nilai positif. Ekspor impor jamur Indonesia dapat dilihat dalam Tabel 1.

Menurut data dari FAO Statistics, negara importir jamur di dunia, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Belanda. Bahkan, Indonesia (2009) ternyata masih mengimpor jamur sebanyak 879 ton. Dengan melihat peluang besar seperti ini, hendaknya para produsen jamur dapat meningkatkan produksi jamur yang diusahakannya, selain dapat memenuhi pasokan lokal diharapkan juga dapat memenuhi pasokan jamur di luar negeri.

 

Sumber: Buku Agriflo Jamur

 

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik
loading...
loading...