Praktis! Masak Sayur dengan Microwave


Pertanianku – Saat ini memasak tidak lagi menjadi hal yang rumit dilakukan. Beberapa cara inovatif telah dilakukan orang untuk mempermudah proses memasak. Salah satunya dengan menggunakan microwave.

Pasti Anda dibuat bingung bukan, bagaimana bisa memasak sayuran menggunakan alat pemanas makanan ini?

Microwave kini semakin banyak digunakan masyarakat. Microwave sebenarnya digunakan untuk menghangatkan makanan, tapi kini bisa digunakan untuk memasak makanan. Hal ini dirasa lebih praktis dan juga lebih menyehatkan.

Namun, sebelum melakukannya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan microwave menurut Chef Arnold Poernomo. Kira-kira apa saja ya?

Jika Anda ingin memasak sayuran dengan menggunakan microwave tidak dianjurkan memakai wadah plastik, logam, atau alumunium ketika menghangatkan atau memasak. Menurut Chef Arnold Purnomo, penggunaan wadah-wadah tersebut membuat masakan tidak matang secara merata.

Buruknya lagi dapat merusak microwave itu sendiri. Sementara untuk wadah plastik, harus dihindari karena pasti mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya, yang tentunya tidak aman jika tercampur pada makanan.

“Jangan pakai wadah plastik yang nggak safe untuk microwave. Sekarang sih ada beberapa yang pakai label ‘microwave safe’, itu aman dimasukkan dalam microwave. Wadah kaca sih aman, asal hati-hati saat mengangkat, karena ‘kan panas,” ungkapnya.

Selain itu, sebaiknya tidak memanaskan atau memasak sayur dengan microwave, khususnya sayuran berklorofil seperti brokoli, kangkung, dan bayam. Ini dikarenakan, lanjut dia, akan menghancurkan beberapa nutrisi di dalam sayuran tersebut.

“Kalau bisa jangan masak sayuran di microwave, apalagi brokoli. Untuk sayuran lain, boleh dipanaskan, tapi jangan terlalu lama, perhatikan juga temperaturnya. Kalau warna sayuran sudah pudar, itu berarti nutrisinya sudah hilang,” tutur Chef yang berparas oriental tersebut.

Baca Juga:  Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Kubis Ungu
loading...
loading...