Presiden Imbau Kementan Tingkatkan Produk Hortikultura

0

Pertanianku – Guna meningkatkan produk hortikultura Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman untuk lebih meningkatkan produksi hortikultura tanah air. Pasalnya, produk pangan dinilai sangat penting guna menjaga kestabilan harga bahan pokok yang terkadang tidak stabil.

“Beliau (Presiden Joko Widodo) memanggil menanyakan masalah kondisi harga yang sejauh ini stok pangan masih aman. Kemudian program ke depan kita fokus pada hortikultura dan perkebunan, akan disiapkan,” ungkap Mentan Amran di Istana Negara, belum lama ini seperti mengutip Republika (7/6).

Menurut Amran, beberapa bibit pangan hortikultura yang akan dikembangkan untuk produksi pertanian di antaranya pala, lada, kakao, dan cengkih. Produksi pangan ini dipersiapkan selain untuk konsumsi dalam negeri, juga untuk diekspor.

Bibit-bibit ini rencananya akan diproduksi dari dalam negeri hasil penelitian dosen dan mahasiswa pertanian. Hal tersebut untuk menghindari adanya bibit hortikultura yang jelek hasil dari impor.

Untuk daerah produksi, Amran menyebut bahwa Kementan telah menyiapkan sejumlah daerah yang cocok untuk produksi pangan tersebut.‎ Misalnya di Maluku yang kaya akan rempah-rempah akan kembali dikembangkan sehingga produksi di daerah tersebut lebih banyak. Kemudian daerah di Provinsi Sulawesi Barat yang kaya akan kakao.

Selain itu, ‎bawang putih yang termasuk produk hortikultura juga akan dikembangkan produksinya. Sebab, selama ini pemerintah sangat bergantung dengan impor yang kerap membuat harga bawang putih melambung.

“Bawang putih ini sekarang kita pun sebenarnya impor hanya 500 ribu ton itu butuh lahan 60 ribu hektare,” tutup Mentan.

loading...
loading...