Presiden RI: Kembangkan Sektor Hortikultura Bukan Hanya Padi


Pertanianku – Predisen Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini memberikan arahan kepada Menteri Kabinet Kerja untuk membahas program-program yang akan dilakukan pada 2018 mendatang. Salah satu program tersebut adalah terus mengembangkan sektor pertanian.

Jokowi mengatakan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman harus terus mengembangkan kinerja di sektor pertanian. Tak hanya padi, tanaman hortikultura juga harus menjadi fokus utama yang harus diperhatikan pemerintah.

“Untuk belanja pertanian, lebih diarahkan untuk mengembangkan tanaman hortikultura. Bukan padi, padinya saya kira sudah mulai rampung, jadi diarahkan ke tempat yang lain,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, seperti melansir Okezone (4/4).

Kinerja pemerintah dalam meningkatkan produksi besar dapat dikatakan berhasil. Hal inilah yang menyebabkan Jokowi meminta agar Menteri Pertanian tak hanya fokus untuk meningkatkan produksi padi di Indonesia.

“Padinya tahun ini sudah selesailah karena kelihatan peningkatan produksinya, stok di Bulog tadi malam saya lihat tadi malam sudah sampai 2 juta ton. Biasanya kan Januari, Februari, Maret stok kita paling rendah, tapi saat ini menjelang panen raya justru stoknya sangat banyak,” lanjut sang Presiden.

Tak tanya itu, Jokowi juga meminta agar Menteri Pertanian juga fokus pada pembangunan irigasi. Pembangunan irigasi pun harus sesuai dengan jumlah sawah di Indonesia.

“Lalu untuk belanja irigasi dan pembangunan infrastruktur irigasi, harus sesuai jumlahnya dengan pengadaan sawah. Jadi, jangan irigasinya ada sawahnya nggak ada,” tambahnya.

Baca Juga:  Percepat Proses Tanam, Bekasi Pakai Alat Pertanian Baru
loading...
loading...