Pria ini Sukses Membudidayakan Nangka Jingga

0

Pertanianku – Seorang pria bernama Ricky pemilik nursery Hara yang berlokasi Bogor berhasil mengembangkan buah nangka dengan warna yang tak biasa. Seperti yang kita tahu buah nangka berwarna kuning ketika matang. Namun, Ricky berhasil mengembangkan buah nangka dengan warna jingga.

Ricky mendapat bibit nangka unik itu dari ajang pameran buah di Thailand pada 2008 lalu. Setelah ditanam, Ricky tidak menyangka daging buah nangkanya berwarna jingga. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Menurut Dr. M. Reza Tirtawinata MS ahli buah di Bogor, Jawa Barat, keunikan yang dihasilkan oleh tanaman nangka dengan sebutan Pink Jackfruit var. champa itu, diakibatkan oleh pengaruh lingkungan di Thailand.

“Warna daging buah nangka merah muda itu berasal dari gen warna semburat ungu. Namun karena pengaruh lingkungan, tampilannya berubah menjadi merah muda. Dengan temperatur dan intensitas cahaya matahari di Thailand yang lebih tinggi, warna merah muda pun muncul,” jelas Dr. Reza, di Bogor.

Sesuai dengan penjelasan Dr. Reza, Ricky pun mulai menanam bibit Pink Jackfruit var. champa di nursery-nya. Sebagai sumber nutrisi, Ricky membenamkan 50 kg pupuk kandang di area perakaran. Interval pemupukan 6 bulan sekali. Ia juga menambahkan 250 gr pupuk NPK majemuk 20:20:20 sebulan sekali. Dosis pupuk dinaikkan seiring bertambahnya umur tanaman. Memasuki umur 3 tahun, frekuensi pemberian pupuk kandang menjadi 3 bulan sekali.

Setelah menunggu selama 3 tahun, bunga yang dinanti akhirnya muncul serentak di batang dan cabang. Ketika berubah menjadi pentil, Ricky melakukan penjarangan buah. Dari 50 pentil, ia hanya menyisakan 5 buah agar pertumbuhan buah lebih optimal. Begitu berukuran sekepalan tangan, buah dibungkus dengan karung untuk menghindari serangan hama.

loading...
loading...