Pria ini Untung Puluhan Juta dari Usaha Budidaya Ikan Discus

Pertanianku – Yanuar Santoso Thio, pembudidaya sekaligus pengusaha ikan discus asal Cirebon, berhasil mengembangkan usaha perikanan yang ia rintis. Bahkan, ia mengaku dari menjalankan usahanya tersebut meraup omzet Rp12 juta per bulan. Cukup menggiurkan bukan?

Ia mengatakan omzet tersebut didapat dari pembelian langsung dan pengiriman hingga ke luar daerah.

“Terbesar, omzet bulan ini, Rp12 juta ada lah. Pembelian yang dikirimnya terjauh sampe ke Yogyakarta. Ke Kediri juga pernah, tapi bukan discus, ikan yang lain,” jelas Yanuar di Kesunean, Lemahwungkuk, Cirebon Kota, Jawa Barat.

Pria keturunan Tionghoa ini mengaku lebih mengutamakan penjualan partai besar ketimbang partai eceran. Menurutnya, meski tidak mendatangkan keuntungan besar, penjualan partai akan membuatnya lebih fokus dalam peneluran ikan indukan.

Yanuar ini memaparkan, penjualan terbesar dari omzet tersebut ia dapat dari penjualan online. Sementara itu, pembelian secara langsung hanya dengan pembelian eceran.

“Kalau pembeli seluruhnya, ada yang hobiis (penyuka ikan discus), ada pedagang ikan hias, ada juga newbie (orang yang baru menggeluti ikan hias). Rata-rata penjual ikan hias di Cirebon ngambil ke sini,” ungkapnya.

loading...
loading...