Produk Bernilai Ekonomi dari Limbah Fillet Ikan Patin

Pertanianku — Proses pembuatan fillet ikan patin hanya mengambil bagian daging yang biasa dijual dalam keadaan beku. Sementara itu, bagian kulit, kepala dan bagian lainnya tidak digunakan sehingga hanya menjadi limbah. Namun, tahukah Anda, bagian-bagian tersebut masih bisa diolah kembali menjadi produk yang bernilai ekonomi. Tentu saja pengolahan ini dapat menjadi pemasukan tambahan untuk produsen fillet ikan patin.

fillet ikan patin
foto: Pertanianku

Dalam proses pengolahan fillet ikan patin, limbah harus segera disingkirkan dari ruang pengolahan agar tidak menyebabkan kontaminasi silang pada produk fillet yang dihasilkan. Setelah itu, limbah perlu diproses agar tidak mencemari lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, pengolahan limbah menjadi produk merupakan solusi untuk menghindari kontaminasi dan pencemaran.

Limbah yang dihasilkan dari fillet ikan patin cukup besar, sekitar 60–65 persen. Sebagian besar limbah merupakan kepala ikan sebanyak 22,15 persen, tulang 5,93 persen, sirip 16,59 persen, belly 6,68 persen, sisa trimming 5,49 persen, dan isi perut sekitar 9,77 persen. Tiap limbah tersebut perlu dipisahkan agar lebih mudah diolah.

Kepala ikan patin

Bagian kepala ikan patin yang jumlahnya cukup besar bisa Anda manfaatkan untuk tepung ikan. Tepung tersebut digunakan sebagai bahan untuk membuat pakan ternak dan ikan karena mengandung protein yang cukup tinggi mencapai 37,1–43,3 persen. Selain itu, tepung kepala ikan patin mengandung kalsium sebanyak 7,75–13,2 persen.

Kulit ikan patin

Kulit ikan patin dapat Anda olah kembali menjadi kerupuk kulit atau dimanfaatkan sebagai bahan baku di industri gelatin. Di dalam kulit patin terkandung protein yang cukup tinggi sekitar 44,9–67,1 persen.

Tulang ikan

Bagian tulang ikan juga bisa Anda olah menjadi gelatin. Selain itu, tulang dapat diolah menjadi kerupuk, tulang diekstraksi menjadi kalsium.

Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname Superintensif, Panen Dua Kali Lipat

Belly dan isi perut

Bagian belly dan isi perut dapat diekstrasi menjadi minyak. Minyak yang sudah dimurnikan bisa digunakan sebagai cooking oil atau ingredient pangan dan juga dapat dimanfaatkan sebagai minyak diesel.

Sisa trimming

Sisa trimming mengandung lemak sehingga dapat diolah menjadi produk pangan.