Produk dari Pascapanen Gaharu


Pertanianku – Teknologi pascapanen produksi gaharu sesuai dengan jenis produk dan teknologi yang sementara ini tersedia. Secara umum, dari produk gaharu hanya dapat dibuat dalam jenis produk seperti berikut.

Usaha Budidaya Gaharu

  1. Minyak asiri

Minyak asiri merupakan salah satu produk sampingan dari gaharu. Bahan dasar yang digunakan adalah kayu gaharu yang telah dihancurkan. Melalui teknik penyulingan dengan sistem tekanan uap panas (steam destilation), akan diperoleh minyak gaharu dengan variasi rendemen sesuai dengan kualitas kayu yang diproduksi.

  1. Dupa/hio

Dupa/hio merupakan salah satu produk lain dari gaharu. Dengan memanfaatkan bahan baku berupa kayu kelas bubuk/abu. Setelah itu, melalui proses perekatan dan pencetakan berbagai bentuk akan diperoleh produk berupa dupa atau hio.

  1. Parfum

Parfum merupakan produk dari gaharu yang banyak dijual di pasaran. Dari minyak asiri gaharu dapat diolah menjadi jenis parfum khusus beraroma gaharu. Selain itu, minyak gaharu dapat digunakan sebagai bahan pengikat (fiksatif) untuk berbagai jenis parfum dari keharuman bunga seperti melati, mawar, dan kenanga.

 

 

Sumber: Buku Budidaya dan Bisnis Gaharu

 

Baca Juga:  Harga Vanilli Diprediksi Terus Membubung Tinggi Hingga 2028