Produk Makanan yang Bisa Dibuat dari Buah

Pertanianku — Buah bisa diolah menjadi produk makanan yang lezat. Produk makanan dari buah memiliki kelebihan, salah satunya memiliki daya simpan yang lebih lama dan mudah untuk dimakan. Berikut ini beberapa produk makanan yang dibuat dari buah, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk dikonsumsi sendiri atau dijadikan ladang bisnis.

produk makanan dari buah
foto: pixabay

Selai

Selai atau jam merupakan olahan yang dibuat dari sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, lalu diberi gula dan dimasak hingga mengental. Selai buah sering digunakan sebagai olesan roti tawar atau isi roti manis. Selain itu, bisa dijadikan topping pada makanan dessert yang manis. Biasanya selai buah asli akan memiliki rasa yang lebih segar dan enak.

Loading...

Sari buah

Sari buah atau jus adalah minuman yang terbuat dari daging buah yang diencerkan sehingga bisa diminum tetapi rasanya tetap sama seperti buah asli. Saat ini, sari buah sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan untuk memudahkan konsumen mengonsumsi sari buah.

Sirup

Sirup merupakan olahan minuman lainnya yang biasanya dibuat dari buah-buahan. Sirup dibuat dengan larutan gula yang kental untuk menambahkan rasa. Jika sari buah bisa diminum langsung, sirup harus ditambahkan air terlebih dahulu karena kandungan gula di dalam sirup jauh lebih tinggi. Sirup juga bisa digunakan sebagai campuran makanan manis atau minuman manis lainnya seperti es buah.

Manisan

Manisan adalah produk olahan buah yang dibuat dengan cara merendam daging buah ke dalam air gula selama beberapa waktu. Proses pembuatan manisan merupakan salah satu alternatif untuk mengawetkan buah agar tahan lebih lama. Teknik ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

Perendaman dengan air gula berfungsi untuk meningkatkan kadar gula di dalam buah dan menurunkan kadar air. Kondisi tersebut membuat pertumbuhan mikroba perusak buah menjadi terhambat sehingga buah bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga:  Tips Mencegah Akar Tanaman Menembus Pot Tabulampot

Dodol

Dodol merupakan camilan manis yang bisa dibuat dari sari buah. Sebenarnya, cara pembuatan dodol tidak begitu sulit, hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk membuat adonan dodol sangat lama. Dodol sendiri sudah menjadi makanan khas dari suatu daerah seperti Garut sehingga sering dijadikan oleh-oleh.

Keripik

Keripik buah menjadi salah satu makanan olahan dari buah yang disenangi oleh pembeli karena rasanya yang unik dengan tekstur yang garing.

 

Loading...
Loading...