Produk Olahan Makanan dari Ikan Bandeng

Pertanianku — Rasanya yang lezat dan gurih membuat ikan bandeng laku di pasaran, baik dalam bentuk segar maupun yang sudah diolah menjadi produk makanan. Ada banyak produk olahan makanan dari ikan bandeng. Pengolahan ikan bandeng menjadi produk olahan makanan dapat menambah nilai jual dari bandeng sehingga bisa lebih menguntungkan para pembudidaya. Berikut ini beberapa produk olahan ikan bandeng makanan bernilai ekonomi yang dibuat dari ikan bandeng.

produk olahan ikan bandeng
foto: pertanianku

Pindang bandeng

Pindang bandeng merupakan produk olahan ikan yang dihasilkan dengan cara merebus ikan dan menggaramkannya. Kelebihan pindang ikan dibandingkan ikan asin adalah produk pindang ikan merupakan produk olahan yang sudah siap konsumsi sehingga konsumen tidak perlu repot-repot mengolahnya terlebih dahulu.

Pindang sudah lama dikenal masyarakat Indonesia. Pembuatannya pun tidak begitu rumit dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Pindang dibuat dengan suhu pengukusan berkisar lebih kurang 100°C selama 3—4 jam, bergantung pada metode pembuatan yang digunakan.

Bandeng krispi

Bandeng krispi dibuat dari ikan bandeng yang sudah dicabut durinya, lalu digoreng agar menjadi krispi. Sebelum digoreng, daging ikan dipotong atau dibentuk sesuai selera agar mudah dikonsumsi, tetapi bisa juga digoreng dalam keadaan utuh. Sebelum digoreng, daging ikan direndam dalam campuran bumbu yang terbuat dari rempah untuk menambah cita rasa. Selanjutnya, untuk menambah tekstur krispi, daging ikan dibalut tepung.

Otak-otak bandeng

Otak-otak merupakan camilan yang dibuat dari daging ikan. Camilan ini sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat dan disajikan dengan bumbu kacang. Otak-otak bandeng dibuat dengan proses pengawetan pada suhu tinggi dan diberikan bumbu-bumbu rempah serta tepung pati yang menjadi pengikat adonan. Otak-otak bandeng sangat digemari masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat dan gurih.

Baca Juga:  Tips Sukses Melakukan Pemijahan Belut

Bandeng asap

Ikan bandeng yang diasapkan pada dasarnya sama saja diawetkan dengan cara tradisional yang mudah dilakukan. Saat ini memang belum banyak ditemukan produk daging bandeng yang diasapkan, padahal rasa daging bandeng yang diasapkan sangat khas dan gurih. Duri bandeng yang sudah diasapkan tidak bisa lunak karena pengolahannya dilakukan pada suhu yang rendah dan dalam waktu yang tidak lama.

Bandeng presto

Salah satu olahan bandeng yang paling. terkenal adalah bandeng presto. Hidangan ini disukai oleh masyarakat karena duri dari ekor hingga kepala terbilang lunak.


loading...