Produk-produk dari Kayu Manis yang Bernilai Tinggi

Pertanianku — Selama ini produk yang paling sering dibuat dari kayu manis hanya bubuk serta kulit kayu manis. Padahal, ada beberapa produk kayu manis lainnya yang bernilai jual tinggi di pasaran. Berikut ini beberapa produk dari kayu manis yang bernilai tinggi.

produk kayu manis
foto: pertanianku

Kulit kayu manis

Kulit kayu manis merupakan produk utama yang dibuat dari tanaman kayu manis. Kulit kayu manis dibuat dengan cara mengeringkan potongan-potongan kulit kayu manis. Hingga kini, kulit kayu manis menjadi komoditas unggulan dari Indonesia karena bisa memengaruhi devisa penjualan.

Loading...

Namun, produk dari Indonesia memang diakui masih tergolong sedang ke rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan nilai ekonomi tanaman dibutuhkan adanya peningkatan kualitas mutu produk. Kualitas kulit kayu manis diketahui dari warna, rasa, aroma, dan bobot kulit kayu manis.

Oleoresin kayu manis

Kandungan oleoresin kayu manis terdiri atas minyak atsiri, aroma khas, dan bahan kimia organik yang bisa memberikan rasa pedas. Kandungan dalam oleoresin terbilang lebih bagus dibandingkan produk aslinya seperti kulit dan bubuk.

Oleoresin kayu manis bisa dibuat dari seluruh bagian tanaman, mulai dari daun, kulit batang, kulit cabang, dan kulit ranting. Semua bahan tersebut diekstrasi dengan bahan pelarut yang mudah menguap.

Minyak atsiri kayu manis

Minyak atsiri kayu manis adalah hasil sampingan yang bisa dihasilkan dari tanaman kayu manis. Minyak ini hanya mengandung bahan kimia organik yang membentuk aroma khas secara terpadu. Minyak atsiri diperoleh dari ranting dan daun. Produk minyak atsiri kayu manis ditentukan dari kualitas bahan yang digunakan.

Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis hampir sama seperti kulit kayu manis karena memang merupakan hasil lanjutan dari kulit kayu manis. Bubuk ini mengandung minyak atsiri, terasa pedas, dan mengandung bahan mineral dan kimia organik seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Bubuk kayu manis dibuat dengan cara menggiling kulit kayu manis hingga halus. Namun, bubuk kayu manis juga bisa didapatkan dari debu hasil penggergajian kulit kayu manis.

Baca Juga:  Apa itu Produk Pangan Rekayasa Genetika?

 

 

 

Loading...
Loading...