Produk-produk dari Sampah Rumah Tangga dan Limbah Pertanian

Pertanianku — Permasalahan sampah sudah terjadi sejak lama dan masih menjadi polemik untuk diselesaikan, terutama sampah rumah tangga dan limbah pertanian. Jika sampah-sampah tersebut tidak diolah dengan baik, dapat berbahaya bagi lingkungan. Kini, sudah banyak alternatif pengolahan sampah agar bisa menjadi barang berguna. Produk dari sampah tersebut bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

sampah rumah tangga
foto: pertanianku

Kompos

Kompos sudah menjadi salah satu produk dari sampah yang sudah terkenal manfaatnya. Kompos dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan tanah untuk masa yang akan datang. Prospek bisnis usaha kompos saat ini menggiurkan karena banyak masyarakat yang tertarik mencoba menanam sayur dan buah-buahan di pekarangan rumah.

Loading...

Selain itu, meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat dengan mengonsumsi bahan pangan organik membuat sayuran organik menjadi laris manis. Sayuran organik tersebut membutuhkan kompos untuk tumbuh subur. Di beberapa lingkungan masyarakat, sampah rumah tangga dikumpulkan untuk dijadikan kompos yang bisa digunakan oleh ibu rumah tangga menanam sayuran di pekarangan ataupun di pot.

Pupuk cair

Selain dijadikan kompos, sampah bisa dijadikan pupuk cair. Pupuk cair memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kompos. Pupuk ini mengandung konsentrasi atau jumlah unsur hara yang lebih tinggi serta cara aplikasi pupuk ini cukup mudah. Anda hanya tinggal menyemprot atau menyiram pupuk cair ke media tanam.

Briket

Briket merupakan salah satu bahan bakar yang dibuat dari sampah. Briket adalah limbah pertanian yang dipadatkan. Bahan bakar ini tidak kompak, tidak keras, dan tidak padat. Dalam aplikasi produk, ada beberapa jenis briket, di antaranya briket arang selasah, briket serbuk gergaji, dan briket kotoran sapi.

Biogas

Biogas dibuat dari limbah ternak seperti kotoran sapi dan kerbau. Kotoran ternak banyak mengandung selulosa yang bisa dicerna oleh bakteri anaerob. Bakteri tersebut dapat bekerja dengan optimal pada kisaran pH 6,8—8. Biogas bisa digunakan menjadi bahan bakar yang menggerakkan pembangkit listrik ataupun bahan bakar rumah tangga. Biogas juga bisa dihasilkan dari sampah yang membusuk. Biogas mengandung campuran gas metana sebanyak 50—60 persen dengan beberapa jenis gas lain, seperti Co2 dan H2S.

Baca Juga:  Speectra, Inovasi Budidaya Ikan di Lahan Rawa Banjiran

 

Loading...
Loading...