Produk-produk Telur Itik yang Laku di Pasaran

Pertanianku — Selama ini hanya telur asin atau telur pindang yang terkenal sebagai produk telur itik. Padahal, masih ada beberapa produk telur itik lainnya yang juga disukai oleh masyarakat sehingga laku di pasaran. Berikut ini beberapa produk telur itik yang laku di pasaran.

produk telur itik
foto: pixabay

Telur asin

Telur asin merupakan telur segar yang diolah dalam keadaan utuh dan diawetkan dengan garam agar mampu bertahan lebih lama. Telur asin sangat populer di Indonesia sehingga ada daerah yang terkenal sebagai sentra penghasil telur asin, seperti Brebes, Tegal, dan Cirebon. Di daerah tersebut banyak terdapat peternak atau korporasi yang memproduksi telur asin.

Ada banyak metode pembuatan telur asin, mulai dari metode yang menggunakan bahan sederhana hingga metode dengan bahan ramuan yang sangat beragam. Metode yang digunakan akan menentukan hasil telur yang didapatkan.

Telur pindang

Telur pindang juga cukup populer, meskipun telur asin lebih terkenal di masyarakat. Selain itu, daya tahan telur pindang juga lebih pendek daripada telur asin. Produk telur itik ini hanya bertahan selama 4 hari. Rempah-rempah yang digunakan jauh lebih banyak dibandingkan dengan bahan pembuat telur asin.

Telur beku

Telur beku merupakan telur itik segar yang sudah disterilkan dan dibekukan. Kesegaran telur beku bisa bertahan selama 1 tahun. Meskipun tidak semua orang mengetahui produk ini, permintaan telur beku di pasaran cukup tinggi. Ada beberapa produk telur beku yang sudah dikenal, di antaranya putih telur beku, kuning telur beku, dan telur beku campuran.

Untuk membuat telur beku, peternak membutukan telur itik berkualitas baik. Telur beku sering digunakan sebagai bahan pembuat kue dan industri makanan bayi.

Tepung telur

Baca Juga:  Manfaat Teh Putih untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tepung telur merupakan produk telur itik yang diolah dari telur segar yang dikeringkan dan diproduksi secara modern. Produk ini membutuhkan teknologi yang tidak sederhana sehingga membutuhkan investasi yang cukup besar. Produk tepung telur yang terkenal di pasaran adalah tepung kuning biasa atau manis, tepung putih telur, dan tepung campuran dengan kadar air 4—6 persen.


loading...