Produk-produk yang Bisa Dihasilkan dari jahe

Pertanianku — Mengubah komoditas panen menjadi produk merupakan salah satu cara untuk menaikkan harga jual. Jahe merupakan rimpang yang paling sering digunakan dan gampang untuk dijumpai. Banyak produk jahe yang bisa dibuat dari jahe, antara lain serbuk jahe, minyak atsiri, kue jahe, asinan jahe, sirup jahe, dan obat-obatan dari jahe. Berikut ini ulasan produk-produk dari jahe yang bisa dibuat.

produk jahe
foto: pertanianku

Serbuk jahe

Jahe dapat dibuat menjadi serbuk yang dibuat dari jahe kering yang sudah digiling. Serbuk ini bisa dijadikan campuran minuman atau sebagai obat. Selain itu, serbuk jahe juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak atsiri dan zat tambahan dalam campuran formulasi pakan karena berfungsi meningkatkan kesehatan ternak, seperti pada pakan ayam broiler.

Loading...

Minyak atsiri

Jahe sering diolah menjadi minyak atsiri dengan cara disuling dengan air atau uang. Minyak atsiri terbanyak didapatkan dari jahe merah sekitar 3—3,5 persen. Minyak atsiri sering digunakan dalam industri makanan, minuman, dan kosmetik.

Kue jahe

Kue jahe menjadi salah satu produk jahe yang digemari karena memiliki rasa yang khas dan berbeda dari jenis kue lainnya. Kue jahe sering dihidangkan pada saat perayaan Natal pada musim dingin ataupun dihidangkan untuk camilan sehat.

Asinan jahe

Jahe juga bisa diolah menjadi asinan dan ternyata menjadi camilan favorit masyarakat mancanegara. Asinan jahe dibuat dari jahe muda segar yang dipotong-potong, lalu diberi garam dan asam cuka. Selanjutnya, campuran tersebut disimpan dalam wadah tertutup dan disimpan selama 24 jam. Setelah terbentuk cairan, cairan dibuang dan tambahkan lagi garam dan cuka. Biarkan selama 7 hari dalam wadah tertutup.

Sirup jahe

Sirup jahe menjadi minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Sirup jahe dibuat dari 60 kg jahe dan 48 kg gula. Namun, jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jahe dididihkan selama 10 menit sambil ditusuk-tusuk dengan garpu. Selanjutnya, tambahkan gula dan air hingga jahe terendam. Setelah 45 menit, masukkan sirup jahe ke botol kemasan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Kacang Panjang yang Mudah Ditemui di Pasaran

Obat-obatan

Sudah sejak dahulu rimpang jahe digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Jahe bisa diolah menjadi obat-obatan dengan direbus terlebih dahulu untuk diambil sarinya.

 

Loading...
Loading...