Produk yang Bisa Dihasilkan dari Limbah Ekstrasi Alginat

Pertanianku — Dalam proses produksi alginat menghasilkan limbah berupa limbah padat yang banyak mengandung senyawa organik tidak larut air seperti selulosa dan limbah cair yang mengandung banyak senyawa organik dan anorganik larut dalam air seperti mineral dan pigmen. Limbah ekstrasi alginat tersebut masih bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku beberapa produk industri. Berikut ini beberapa produk yang bisa dihasilkan dari limbah ekstrasi alginat.

limbah ekstrasi alginat
foto: pixabay

Bioetanol

Limbah hasil pengolahan alga cokelat tersebut menghasilkan selulosa sebanyak 20—30 persen. Penyusun utama dari selulosa adalah glukosa dan jika dibentuk menjadi gula sederhana akan memudahkan untuk mengonversinya menjadi bioetanol. Konversi glukosa menjadi bioetanol bisa dilakukan secara kimiawi ataupun mikrobiologi. Etanol yang dihasilkan bisa dimurnikan lagi untuk menghasilkan bioetanol untuk farmasi, pangan, dan biofuel.

Loading...

Pulp dan kertas

Selulosa dalam limbah ini juga bisa diolah menjadi bahan pulp yang merupakan bahan baku pembuatan kertas. Selulosa yang terdapat di dalam limbah ekstrasi alga ini berukuran pendek sehingga jika dimanfaatkan menjadi bahan baku kertas harus dicampur dengan selulosa dari bahan lain. Pulp yang dihasilkan akan digunakan menjadi kertas dengan warna yang keruh, cokelat kehitaman pada saat basah, dan cokelat muda pada kondisi kering atau warna lain jika sudah melalui proses bleaching.

Pupuk

Sebelum menjadi limbah, alga memang sering dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi pupuk. Namun, setelah melalui proses ekstrasi limbah dari alga tersebut masih tetap bisa digunakan menjadi pupuk karena mengandung beragam senyawa organik dan mineral seperti pigmen, fukoida, senyawa fenol, unsur hara makro N, P, K dan Ca, unsur hara makro, serta hormon pertumbuhan seperti sitokinin, auksin, dan giberelin.

Limbah bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk padat dan pupuk cair dengan mengombinasikannya bersama bahan limbah perikanan lain seperti kepala udang dan limbah filet ikan.

Baca Juga:  Memahami Sistem Budidaya Akuaponik

Bahan sumber nutrisi ikan

Selulosa dan serat yang terkandung di dalam limbah bisa digunakan kembali menjadi sumber nutrisi bagi ikan. Limbah tersebut bisa menjadi pakan alternatif dengan harga terjangkau dibanding harga pangan konvensional yang terbilang cukup mahal. Saat ini pun sedang dikembangkan penelitian tentang pemanfaatan limbah ekstrasi alginat menjadi sumber nutrisi ikan.

 

Loading...
Loading...