Produksi Budidaya Ikan di 2017 Ditargetkan Sebesar 21,9 Ton


Pertanianku – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Budidaya Perikanan pada 2017 ini menargetkan produksi budidaya ikan sebesar 21,9 juta ton. Angka tersebut naik dibanding 2016 lalu yang hanya sebesar 19,46 juta ton.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto berharap, cuaca di sepanjang 2017 akan kembali normal. Sebab, dengan curah hujan yang tinggi yang terjadi di sepanjang 2016 menyebabkan produksi ikan budidaya terganggu tahun ini.

“Tentu 2017 kita harap ada perubahan iklim. Karena bukan hanya perikanan laut, darat juga sangat berpengaruh terhadap perubahan iklim,” kata Slamet seperti melansir Okezone (22/2).

Menurut data sementara hingga Desember 2016, total produksi budidaya perikanan Indonesia mencapai 15,8 juta ton. Angka tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan tahun ini sebesar 19,46 juta ton.

Hal itu lantaran curah hujan yang tinggi sepanjang tahun sehingga menyebabkan reproduksi perikanan terganggu.

Slamet mengaku yakin produksi budidaya perikanan bisa meningkat di 2016. Sebab, para investor asing cukup banyak melakukan investasi di pakan ikan. Hal itu mencerminkan optimisme investor terhadap budidaya ikan akan meningkat tahun depan.

“Yang saya tahu dari Cina mereka akan bangun pabrik pakan ikan di Purwakarta, Lampung. Ini menunjukkan mereka prediksi pakan akan naik, berarti ikan budidaya pasti akan naik. Itu bisa dipastikan,” tuturnya.

Baca Juga:  Harimau Sumatera, Top Predator yang Menjaga Keseimbangan Ekosistem
loading...
loading...