Produksi Gabah di Lampung Ditargetkan Sebesar 4,3 Juta Ton


Pertanianku – Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung optimistis mampu mencapai produksi gabah kering panen (GKP) yang ditargetkan pemerintah pusat sebanyak 4,3 juta ton. Saat ini, produksi GKP petani sudah mencapai 4,04 juta ton atau 92 persen dari target tahun ini.

Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo mengatakan, provinsinya masuk tiga besar produksi GKP se-Sumatera, dan peringkat ketujuh se-Indonesia. “Target produksi 4,3 juta ton GKP akan tercapai. Angka sementara sudah 92 persen,” kata Ridho, seperti mengutip Antaranews (16/3).

Menurut dia, pencapaian target produksi GKP yang dipersyaratkan pemerintah pusat, karena Pemprov telah melakukan kebijakan dan program percepatan di bidang pertanian. Di antaranya program pembukaan 10 ribu hektare lahan sawah baru di empat kabupaten, yakni Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Lampung Tengah.

Selain itu, Ridho mengatakan pihaknya memprioritaskan infrastruktur pertanian, yakni perbaikan sistem irigasi Way Sekampung dan sistem sentra pertanian lainnya. Rehabilitasi sistem irigasi untuk meningkatkan debit air sehingga membantu kebutuhan air pada sawah petani.

Upaya lainnya, pihaknya juga menerapkan sistem penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani di sentra produksi padi di Lampung. Sistem tersebut dapat meminimalkan penyelewengan pupuk bersubsidi secara ilegal.

Pada anggaran 2017 Pemprov Lampung menganggarkan Rp500 juta untuk kegiatan Klinik Pertanian Keliling yang bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Selain itu, guna mendukung ketersediaan air bagi lahan pertanian akan dibangun tiga bendungan baru yang rencananya beroperasi pada 2019 mendatang.

Baca Juga:  Kawanan Paus Terdampar di Pantai Ujung Kareung Aceh Besar
loading...
loading...