Produksi Minyak Asiri Dalam Negeri


Pertanianku – Telah diketahui bahwa sebagian besar minyak asiri yang diusahakan oleh petani merupakan komoditas ekspor tradisional nonmigas. Dalam dunia perdagangan, telah beredar sekitar 80 jenis minyak asiri, di antaranya minyak nilam, serai wangi, cengkih, jahe, pala, dan jasmin. Sementara itu diperkirakan terdapat 12 jenis minyak asiri Indonesia yang diekspor ke pasar dunia. Jenis-jenis minyak asiri Indonesia yang telah memasuk pasaran internasional di antaranya minyak nilam, serai wangi, akar wangi, kenanga, jahe, dan pala.

Memproduksi 15 Minyak asiri berkualitas

Sebagian besar minyak asiri yang diproduksi oleh petani diekspor ke luar negeri. Berdasarkan data dari Ditjenbun serta FAO pada Tahun 2004, besarnya volume ekspor beberapa komoditas aromatik Indonesia dibandingkan nilai ekspor dunia yaitu nilam (64%), kenanga (67%), akar wangi (26%), serai wangi (12%), pala (72%), cengkih (63%), jahe (0,4%) dan lada (0,9%).

Perkembangan ekspor minyak asiri terus meningkat. Meskipun pada Tahun 2003 mengalami sedikit penurunan, ekspor minyak asiri kembali meningkat di tahun 2004

Sumber:  Memproduksi 15 Minyak asiri berkualitas

Baca Juga:  Manfaat Bunga Cempaka untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...