Produksi Pohon Kelapa Sawit Meningkat dengan Cara Ini


Pertanianku — Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas tanaman industri yang memberikan manfaat sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pasalnya, harga TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit kian meningkat. Namun, banyak petani sawit yang mengalami kendala, yaitu produksi pohon kelapa sawit yang tidak maksimal.

produksi pohon kelapa sawit
Foto: Dok. Pertanianku

Lalu bagaimana cara meningkatkan produksi pohon sawit agar dapat memberikan keuntungan maksimal untuk petani? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kelapa sawit akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika diberi pupuk dengan dosis yang tepat. Jadi, faktor yang menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit salah satunya adalah pupuk.

Jika tanaman sawit tidak pernah dipupuk atau jarang-jarang memberikan pupuk, jelas produksi buah sawit akan menurun. Akan tetapi, jika petani rutin memberikan pupuk, minimalnya 3 kali dalam setahun, dijamin buah sawit akan meningkat dan hasil panen tentu akan jauh lebih baik.

Untuk jenis pupuknya juga bermacam-macam. Selain pupuk anorganik/kimia, perlu juga diberikan pupuk organik agar tanaman menjadi subur. Selain itu, juga bisa menambahkan dolomit agar hasil panen semakin meningkat.

Pupuk sendiri dapat meningkatkan unsur hara pada tanah sehingga dengan tercukupi unsur hara pada tanah, tingkat kesuburan tanaman kelapa sawit akan meningkat. Selain itu, tanaman juga bisa memproduksi buah lebih banyak dan lebih baik. Pupuk seringkali diandalkan sebagai nutrisi bagi tanaman untuk berkembang dan menghasilkan buah.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat pupuk untuk tanaman kelapa sawit. Oleh karena itu, kunci sukses budidaya kelapa sawit adalah memberikan pupuk sesuai dengan anjuran yang tepat. Dengan begitu, tentunya akan meningkatkan hasil produksi buah sawit yang ditanam.

Tidak cukup dengan pupuk saja, untuk meningkatkan hasil panen sawit, jenis atau varietas kelapa sawit juga menentukan keberhasilan budidaya kelapa sawit yang dibudidayakan. Jadi, sebaiknya memilih jenis kelapa sawit unggul dan berkualitas.

Baca Juga:  Cara Berkebun Jati yang Menguntungkan

Setelah semua cara telah dilakukan dengan benar, harapan untuk sukses budidaya kelapa sawit akan ada di depan mata.