Produksi Propolis Tinggi dengan Lebah Trigona

Pertanianku –  Beternak lebah, paling tidak dapat menghasilkan lima produk yaitu madu, polen, royal jeli, propolis, dan malam. Produk-produk ini ditunggu di pasaran dengan harga menggiurkan. Sebagai gambaran bahwa harga propolis di tingkat peternak mencapai Rp700.000,00/kg; royal jeli Rp1.000.000,00/kg; polen Rp50.000,00/kg; dan madu sekitar Rp30.000,00/kg.

tri

Ternak lebah madu yang selama ini dikembangkan di Indonesia adalah lebah madu impor (Apis mellifera) dan lebah madu lokal (A. cerana). Produksi utama kedua lebah ini adalah madu. Untuk produksi propolis yang tinggi, dapat diperoleh dari sejenis lebah yang produksi madunya sangat rendah, yaitu lebah Trigona spp. Trigona atau lebah lilin berbeda dengan jenis lebah Apis. Klanceng, demikian orang Jawa menyebutnya, tidak bersengat dan sangat mudah dipelihara.

Loading...

Selain kandungan propolis yang tinggi, lebah Trigona juga menghasilkan propolis yang berkualitas tinggi. Berdasarkan pengujian ilmiah yang dilakukan oleh Ir. H. A.E. Zaenal Hasan, M.Si. (peneliti dari Laboratorium Biokimia, Insitut Pertanian Bogor), kadar flavonoid Trigona mencapai 4%, sedangkan yang dihasilkan Apis hanya 1,5%. Melihat potensi Trigona sebagai penghasil propolis berkualitas tinggi, teknik budi dayanya mulai dikembangkan. Namun, informasi tentang habitat dan tingkah laku Trigona spp.

Sumber:  Buku Propolis Madu Multikhasiat

Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC
Loading...
Loading...