Proses Pengeringan Rumput Laut

Pertanianku – Pengeringan rumput laut dilakukan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari di atas para-para atau waring supaya tidak terkotori oleh pasir atau tanah. Sementara pada Gracilaria budi daya, pengeringan biasanya dilakukan di atas pematang tambak. Penjemuran dilakukan di tempat terbuka, jauh dari pemukiman penduduk dan tidak jauh dari pantai sehingga sinar matahari maksimal. Penjemuran biasanya memakan waktu 2—3 hari tergantung kondisi cuaca dan harus dihindarkan dari pengaruh hujan dan embun.

Pengeringan Rumput Laut

Saat musim hujan, pengeringan dilakukan dengan cara mengangin-anginkan rumput laut di atas rak, atau diikat dalam bentuk rumpun dan digantung di dalam gudang. Pengeringan dapat juga dilakukan dengan alat pengering mekanik dengan menghembuskan udara panas bersuhu ± 50—60° C. Pada suhu yang terlalu tinggi akan terjadi reaksi pencokelatan sehingga rumput laut berwarna hitam. Rumput laut yang telah kering ditandai dengan rasa sakit pada telapak tangan saat rumput laut diremas.

Perbandingan berat basah ke kering biasanya 10 : 1. Pengeringan yang tidak sempurna menyebabkan terjadinya fermentasi dan bau asam, terutama selama penyimpanan sehingga mengakibatkan mutu hasil ekstraksi rumput laut (rendemen dan kekuatan gel) menurun.

Baca Juga:  Penyakit-penyakit Tanaman Lada yang Wajib Diwaspadai

loading...