Proses Penggemukan Sapi dengan Sistem Kereman

PertaniankuPenggemukan sapi dengan sistem kereman dilakukan dengan cara menempatkan sapi-sapi dalam kandang secara terus-menerus selama beberapa bulan. Sistem ini tidak begitu berbeda dengan penggemukan sapi dengan sistem dry lot, kecuali tingkatnya yang masih sangat sederhana.

Proses Penggemukan Sapi dengan Sistem Kereman

Pemberian pakan dan air minum dapat dilakukan dalam kandang selama proses penggemukan berlangsung. Pakan yang harus diberikan berupa rumput hijau (hijauan) dan konsentrat. Perbandingan pemberian pakan keduanya tergantung pada ketersediaan hijauan dan konsentrat itu sendiri. Jika hijauan tersedia lebih banyak dibandingkan konsentrat Anda dapat memberikannya lebih banyak. Sebaliknya jika ketersediaan konsentrat lebih banyak dibandingkan hijauan Anda dapat memberikannya lebih banyak. Pasalnya harga pakan konsentrat relatif lebih murah.

Loading...

Pemberian konsentrat dalam penggemukan sapi dengan sistem kereman hanya terdiri satu jenis dan paling banyak dua jenis bahan pakan. Misalnya, konsentrat berupa dedak padi atau ampas tahu, ataupun hasil sisa industri pertanian lainnya. Ada pula yang membuat konsentrat yang terbuat dari campuran dedak pagi denga ubi kayu yang dilumatkan, lalu direndam dengan air panas selama beberapa saat.

Penggemukan sapi dengan sistem kereman hanya terdapat di Indonesia yang banyak diaplikasikan di daerah Magetan, Wonogiri, Wonosobo, Lamongan, Bondowoso, Banyuwangi, Sulawesi Selatan, dan Aceh.

Pada umumnya, sapi bakalan yang digunakan untuk penggemukan dengan sistem kereman adalah sapi-sapi jantan yang telah berumur antara 1–2 tahun dan dalam kondisi kurus. Dengan lama penggemukan sekitar 3–6 bulan. Pertambahan bobot badan yang dicapai pada penggemukan sapi dengan sistem kereman berbeda-beda setiap ekornya tergantung pada pakan (ransum) yang diberikan.

Jika ransum yang diberikan hanya rumput (hijauan) tanpa ditambahkan konsentrat pertumbuhan bobot badan yang ingin dicapai tidak akan maksimal. Oleh karena itu pemberian hijauan harus diimbangi dengan pemberian konsentrat.

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Sapi Diare

Sumber : Buku Bisnis Penggemukan Sapi

Loading...
Loading...