PROSES PENJINAKAN KUCING


Pertanianku  Nenek moyang kucing rumahan dahulu kala tidak terlalu dekat dengan pemiliknya. Kucing dibiarkan hidup liar di pemukiman. Hal inilah yang mungkin menyebabkan tidak adanya ikatan yang kuat antara kucing dengan pemiliknya.

Tips Memilih Kucing

Umumnya, pemilik kucing menganggapkucing sebagai hewan yang mandiri. Padahal, kucing bisa saja sangat dekat dengan pemiliknya dan menjadi jinak terutama jika kucing tersebut dibesarkan dari kecil dan sering mendapat perhatian. Kucing biasanya akan sangat liar ketika merasa lingkungannya terganggu. Untuk membuatnya merasa nyaman, caranya dengan memberi makanan. Kucing kemudian akan mulai merasa diperlakukan baik. Selanjutnya, kucing yang tadinya liar mulai mengendusendus dan mengenali lingkungan sekitarnya.Proses perkenalan merupakan tahap awal penjinakan yang memakan waktu cukup singkat.

Tahap penjinakan berikutnya adalah kucing mulai mendekati pemilik sambil membelaikan ekornya ke kaki atau tangan. Jika sudah seperti ini, tandanya kucing sudah jinak. Kucing yang sudah jinak dicirikan dengan ekspresi atau gerakannya saat dekat dengan pemiliknya. Tahap akhir proses penjinakan adalah setia. Kucing akan setia menunggu pemilik datang dan menunggu diberi makan setiap hari.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Kucing

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang
loading...
loading...
SHARE
Previous articleJenis-jenis Kambing
Next articleKhasiat Buah Sirsak