Prospek Bisnis Jamur


Pertanianku – Suatu hal bisa dijadikan bisnis dengan melihat, memperhatikan, dan menganalisis hal-hal di sekitar kita. Kebutuhan akan suatu barang dengan penyediaan barang tersebut yang masih  sedikit menjadikan adanya peluang bisnis, termasuk jamur. Permintaan konsumen terhadap komoditas jamur yang cukup besar membuat peluang bisnis jamur masih terbuka lebar. Bisnis jamur dapat dilakukan pada semua lini, mulai dari bisnis pengadaan bahan baku, penanaman jamur, sampai bisnis pemasaran jamur olahan (segar dan kering).

Prospek Bisnis Jamur

Suatu bisnis dikatakan memiliki prospek yang bagus jika pangsa pasarnya luas, permintaan akan produk tersebut besar, dan bahan bakunya mudah didapat. Bisnis jamur saat ini dan kedepannya masih merupakan bisnis yang memiliki prospek sangat bagus. Saat ini, jamur hanya dihasilkan di beberapa kota di Indonesia dan sebagian besar berada di Pulau Jawa. Pusat-pusat penghasil jamur terbesar di Pulau Jawa terdapat di Karawang, Bogor, Bandung, Wonosobo,

Purworejo, Yogyakarta, Malang, Probolinggo, dan Jember. Walaupun cukup banyak sentra penghasil jamur, sampai saat ini masih belum mencukupi permintaan masyarakat terhadap jamur segar, seperti jamur merang, tiram, dan kuping.

Kebutuhan jamur kering, terutama jamur kuping dan shiitake, dalam negeri juga masih banyak yang belum terpenuhi sendiri. Di Indonesia, terdapat banyak warga Cina yang masih sering  menggunakan jamur kering sebagai obat. Hal itu menjadikan Indonesia masih mendatangkan jamur kering dari luar negeri, seperti Cina, Vietnam, dan Thailand. Selain itu, kebutuhan pasar luar negeri terhadap jamur awetan dalam kaleng, seperti jamur kancing, masih tinggi dan pangsa pasarnya masih terbuka. Negara-negara yang menjadi tujuan ekspornya antara lain Amerika Serikat, Jepang, India, Qatar, Arab Saudi, dan Eropa.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Jamur

 

loading...
loading...