Prospek Bisnis Kebun Durian

Pertanainku — Siapa yang tidak kenal durian, buah dengan aroma serta rasa yang sangat khas. Durian merupakan buah musiman yang selalu dinanti-nantikan kehadirannya. Animo masyarakat terhadap buah durian selalu tinggi dan seakan tidak pernah turun setiap tahunnya. Lalu, bagaimana dengan prospek bisnis kebun durian, apakah bisa memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan? Mari simak ulasan di bawah ini.

bisnis kebun durian
foto: Pixabay

Pangsa pasar

Permintaan durian tidak pernah padam dan selalu berdatangan dari dalam negeri ataupun luar negeri. Durian menempati posisi ke-20 sebagai buah-buahan populer di Indonesia. Selain itu, termasuk salah satu komoditas buah impor yang populer serta mengalahkan lengkeng dan jeruk.

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil durian terbesar kedua setelah Thailand. Produksinya mencapai 500—700 ribu ton per tahun.

Potensi pasar impor

Ada beberapa jenis durian lokal unggulan yang sudah mulai naik popularitasnya, seperti durian matahari dan pelangi. Selain dipasarkan di dalam negeri, durian unggul asal Indonesia juga berpotensial untuk dipasarkan ke negara yang penduduknya beretnis Tionghoa. Hal ini karena mereka sangat menyukai durian yang berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Lebih banyak yang suka daripada yang tidak suka

Meskipun rasanya terbilang sangat lezat, ada juga beberapa orang yang tidak menyukainya, bahkan juga tidak menyukai aromanya. Hal ini terbilang cukup wajar karena aroma durian memang cukup tajam sehingga mampu tercium dari jarak yang jauh.

Sesuai dengan survei yang pernah dilakukan, kelompok orang yang tidak menyukai durian hanya sekitar 12 persen, sedangkan sisanya temasuk kelompok orang yang menyukai durian. Hal ini membuktikan buah durian tetap memiliki banyak penggemar sehingga target konsumen buah durian masih terbilang cukup besar.

Baca Juga:  Penggunaan Pestisida Tidak Boleh Sembarangan

Tingkat konsumsi durian di Indonesia.

Prospek bisnis kebun durian terbilang masih cukup lebar dan baik. Berdasarkan data yang dihimpun Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) pada 2002—2013, konsumsi durian di Indonesia baru mencapai 1,18 kg/kapita/tahun. Dengan rancangan tingkat kosumsi sekitar 5 kg per kapita, pasar dalam negeri sendiri membutuhkan tambahan durian sekitar 500.000 ton atau sekitar 50.000 hektare kebun baru.

Kontes durian

Kontes durian merupakan ajang rutin yang sering diadakan oleh pehobi durian yang diselenggarakan di berbagai daerah. Dengan adanya kontes ini, harga buah durian bisa melambung tinggi dan pamor buah durian sebagai buah eksklusif tidak akan pernah padam. Pasalnya, selain menjadi ajang pencarian durian terenak, kontes tersebut juga bisa digunakan sebagai ajang promosi berbagai jenis varietas durian.