Prospek Bisnis Pohon Kayu Manis yang Menghasilkan Keuntungan Manis

Pertanianku — Kayu manis sangat dikenal sebagai bumbu rempah yang sering digunakan untuk berbagai jenis masakan, mulai dari Nusantara hingga masakan internasional. Indonesia menjadi salah satu produksi rempah-rempah ini. Pohon kayu manis sendiri bisa dijadikan tanaman hutan investasi yang akan mendatangkan keuntungan di tahun yang akan datang. Sebenarnya, seberapa bagus prospek bisnis pohon kayu manis ini? Simak uraian berikut.

bisnis pohon kayu manis
foto: pertaniaku

Pemanfaatan yang luas

Penggunaan kayu manis tidak hanya sebatas untuk bumbu masakan atau sebagai hiasan kue. Tanaman kayu manis bisa digunakan untuk berbagai bidang industri lainnya. Kayunya tergolong tanaman hutan yang memiliki potensi dan peluang pasar yang tinggi. Pohon ini juga menghasilkan minyak atsiri yang bernilai ekonomis tinggi jika hasil yang didapatkan mampu memenuhi standar yang ada.

Loading...

Tempat tumbuh yang baik

Pohon kayu manis dapat tumbuh subur di Indonesia karena kondisi alam yang memungkinkan untuk menunjang pertumbuhan pohon. Kondisi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh adalah tanah yang subur, gembur, agak berpasir, dan kaya bahan organik. Kayu manis yang tumbuh di tanah berpasir dapat menghasilkan kulit kayu yang harum.

Karena kondisi alam yang cocok dengan karakteristik tanaman, di Indonesia pohon kayu manis sering tumbuh liar. Pohon ini tumbuh subur di ketinggian 1.000—1.500 mdpl. Namun, dengan perawatan yang tepat tanaman ini bisa tumbuh di ketinggian 500—1.500 mdpl.

Sistem penanaman

Pohon kayu manis bisa ditanam dengan sistem monokultur atau tumpang sari. Pohon yang ditanam dengan sistem tumpang sari dapat memberikan keuntungan tambahan bagi para petani kayu manis selama masa perawatan pohon.

Panen

Pohon yang semakin tua akan memiliki kulit kayu yang semakin tebal. Hal ini membuat total produksi kulit semakin tinggi. Saat pohon sudah berumur 8 tahun, kulit batang sudah bisa dipanen dan biasanya menghasilkan kulit sebanyak 2—2,5 kg kulit kering per pohon. Kulit kayu terbaik dihasilkan oleh tanaman yang sudah berumur 6—12 tahun. Sementara itu, kandungan minyak yang tinggi dihasilkan oleh tanaman yang berumur lebih dari 15 tahun.

Baca Juga:  Cara Membuat Tepung Jahe

Produk pohon kayu manis

Tidak hanya bisa dijadikan kulit kayu manis yang biasanya Anda jumpai di warung-warung,  usaha bisnis pohon kayu manis bisa diolah menjadi beberapa produk turunan. Misalnya, oleoresin kayu manis, minyak atsiri kayu manis, dan bubuk kayu manis.

Loading...
Loading...