Prospek Cerah Ternak Jangkrik

Pertanianku— Prospek ternak jangkrik cukup menggiurkan. Pakan alami ini tak hanya dimanfaatkan sebagai pakan burung kicau dan ikan hias. Kandungan nutrisi yang tinggi membuat jangkrik bisa dikonsumsi oleh manusia dan diolah menjadi obat.

ternak jangkrik
foto: pertanianku

Pakan burung ocehan dan ikan hias

Di Indonesia, ternak jangkrik baru dimanfaatkan sebagai pakan burung kicau, ikan hias, dan umpan pancing. Kebutuhan jangkrik semakin naik di tengah meningkatnya jumlah penggemar burung kicau dan ikan hias. Apalagi, saat ini kontes burung kicau dan ikan hias semakin berkembang. Hal tersebut berdampak pada penambahan jumlah penggemar baru burung kicau dan ikan hias.

Jangkrik sangat diandalkan untuk menghasilkan burung kicau dan ikan hias yang unggul serta bisa menjadi juara. Meskipun begitu, tak hanya jangkrik yang menjadi salah satu kunci keberhasilan ikan hias atau burung kicau.

Pakan untuk ternak dan ikan budidaya

Jangkrik mengandung nutrisi yang tergolong super. Oleh karena itu, jangkrik sering diolah menjadi tepung yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk pakan ikan konsumsi, seperti gurami, kerapu, udang, lele, patin, dan lainnya.

Selain itu, tepung jangkrik juga sering digunakan sebagai bahan campuran pakan ternak. Misalnya, ternak ayam, bebek, kambing, sapi, babi, dan lain-lain. Tepung jangkrik dapat menjadi sumber protein untuk ternak kambing perah dan bebek petelur yang membutuhkan protein tinggi dalam pakannya.

Sebagai bahan pangan

Daging jangkrik mengandung 105,49 ppm hormon progesteron, 31,78 ppm testosteron, dan 259.535 ppm estrogen, serta dapat menjadi sumber energi dengan kandungan energi 4,87 kalori/gram. Saat jangkrik diolah menjadi tepung, protein yang terkandung di dalamnya tetap tinggi, yakni 57,32 persen. Selain itu, jangkrik juga mengandung DHA9 asam amino yang dibutuhkan untuk proses pembentukan sel pada semua bagian tubuh.

Baca Juga:  Pakan Sumber Protein Nabati untuk Ayam Kampung

Jangkrik memiliki cita rasa seperti kacang yang dipanggang. Saat ini jangkrik sudah dibudidayakan dengan standar kesehatan dan keamanan bagi konsumen manusia di Amerika Serikat.

Obat-obatan dan kosmetik

Kandungan protein dalam jangkrik dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah. Sementara itu, kandungan asam amino berfungsi menjaga elastisitas persendian tulang, kornea mata, dan sel kulit serta menghambat penuaan dan penyakit katarak.

Masih banyak manfaat jangkrik untuk kesehatan manusia. Semua manfaat tersebut dibahas di buku Untung Berlipat dari Ternak Jangkrik. Dari semua manfaat tersebut, jangkrik berpeluang untuk dijadikan sebagai bahan baku obat-obatan dan suplemen.

Untuk Anda yang tertarik dengan prospek cerah ternak jangkrik, Anda bisa mempelajari cara beternak jangkrik melalui buku Untung Berlipat dari Ternak Jangkrik sebagai referensinya. Buku ini mengulas beragam informasi menarik mulai dari prospek, cara beternak, hingga analisis usaha. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi admin WhatsApp Penebar Swadaya dan Tokopedia Penebar Swadaya.