Prospek Kerja Lulusan Teknologi Industri Pertanian

Pertanianku — Sekarang ini, dalam industri pertanian terjadi perkembangan teknologi untuk mendapatkan hasil pertanian terbaik dan memecahkan masalah yang dihadapi dunia pertanian. Pengolahan hasil pertanian akan menjadi prospek yang bagus bila dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Nah, kira-kira apa saja prospek kerja lulusan Teknologi Industri Pertanian?

prospek kerja lulusan Teknologi Industri Pertanian
Foto: Pixabay
  1. Perusahaan teknologi agroindustri

Perusahaan teknologi agroindustri bisa menjadi salah satu tempat yang akan menunjang karier Anda sebagai lulusan Teknologi Industri Pertanian (TIP). Perusahaan-perusahaan agroindustri di Indonesia sendiri banyak yang berskala besar, bahkan ada beberapa perusahaan multinasional di bidang teknologi industri pertanian.

  1. Perusahaan bahan pangan

Prospek kerja teknologi hasil pertanian juga bisa bekerja di perusahaan produksi pangan, biasanya perusahaan ini menggunakan teknologi-teknologi terbaru untuk mengolah bahan mentah menjadi produksi pangan.

  1. Perusahaan manufaktur

Selain di industri pertanian dan pangan, prospek kerja teknologi hasil pertanian juga bisa menempati beberapa posisi di perusahaan manufaktur. Pasalnya, mereka sama-sama berbasis perusahan teknologi pengolahan.

  1. Perusahaan perkebunan

Banyak sekali perusahaan perkebunan di negara Indonesia, terutama yang BUMN dan tentu memiliki pabrik pengolahan hasil perkebunan tersebut. Oleh karena itu, prospek lulusan TIP juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan.

  1. Pegawai negeri

Prospek kerja teknologi hasil pertanian yang terakhir adalah menjadi pegawai negeri. Setiap orang tentu mempunyai hak untuk mendaftar menjadi seorang pegawai negeri sipil, apalagi lulusan Teknologi Industri Pertanian yang memiliki kapabilitas untuk bekerja. Jika ingin melamar menjadi PNS, Anda bisa melamar ke beberapa instansi pemerintah seperti Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Daerah, Balai Penelitian Pertanian, dan lainnya.

Baca Juga:  8 Fintech Bidang Pertanian di Masa Kini (1)
Loading...