Prospek Manis Budidaya Melon yang Semanis Rasa Buahnya

Pertanianku — Melon dengan segala keunggulannya menjadi buah budidaya yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain itu, harga buah ini relatif stabil bahkan cenderung tinggi sehingga banyak petani melon tertarik untuk mengusahakannya secara intensif. Seluruh daya tarik tersebut menjadikan melon sebagai komoditas bisnis unggulan. Simak prospek manis dari budidaya melon yang perlu Anda ketahui.

budidaya melon
foto: Pixabay

Permintaan tinggi

Permintaan buah-buahan secara nasional terus meningkat. Pola konsumsi buah di dalam negeri ditujukan untuk konsumsi rumah tangga yang mencapai 35—40 persen dari total konsumsi buah nasional. Jumlah tersebut baru datang dari konsumsi rumah tangga, belum permintaan yang datang dari hotel, restoran, ataupun katering yang totalnya bisa mencapai 20 persen dari konsumsi buah nasional.

Waktu panen singkat

Melon termasuk buah yang dapat berbuah sepanjang tahun dan berumur pendek. Kedua hal tersebut harus didukung dengan budidaya melon yang tepat seperti pembahasan yang diulas di dalam buku Melon Unggul sehingga produktivitas tanaman dapat optimal.

Mengandung banyak vitamin

Melon tak hanya terkenal lezat, tetapi juga mengandung banyak vitamin A dan C, rendah kalori, tidak mengandung lemak ataupun kolesterol, kandungan sodium rendah, serta sumber potassium yang baik.

Bahan baku industri

Melon yang lebih sering disajikan sebagai buah meja juga sering dibutuhkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman.

Harga jual yang cukup tinggi

Harga jual melon terbilang lebih tinggi dibanding tanaman hortikultura lainnya. Hal tersebut menyebabkan pembudidaya menerapkan sistem budidaya secara intensif agar kualitas buah yang dihasilkan lebih terjaga.

Kualitas buah dipengaruhi oleh teknik budidaya yang benar. Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari cara budidaya yang benar jika ingin mendapatkan buah berkualitas. Buku Melon Unggul cocok menjadi referensi untuk membudidayakan melon. Buku tersebut bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Penebar Swadaya.

Baca Juga:  Memahami Tahap Budidaya Jamur Merang