Prospek Murai Batu Hasil Ternak

Pertanianku – Murai batu (Copsychus malabaricus) adalah salah satu keluarga besar Turdidae. Suara kicauannya paling baik di antara kerabatnya. Dalam buku Encyclopedia of Bird, burung yang selalu berkicau sambil menggerakkan tubuh dan ekornya ini dinobatkan sebagai salah satu burung berkicau paling baik di dunia.

Bagian Atas dan Depan Kandang Murai Dibuat Terbuka

Memang tidak dinyana jika penggemar murai yang kian langka ini semakin banyak. Pamornya di arena kontes terus menanjak. Begitu pun dengan nilai jualnya yang kian menggeliat naik dan terus Prospek penangkaran murai ke depan diprediksi terus membumbung tinggi. Nilai jual murai anakan hasil breeding begitu menggiurkan. Kesempatan dan peluang pasar tersebut “langsung” disikapi para breeder yang tadinya menangkarkan burung kicauan jenis lain.

Loading...

Bahkan, para breeder cucakrawa mengungkapkan bahwa lebih mudah menangkarkan murai batu daripada cucakrawa. Alasannya, cucakrawa terlalu sensitif dengan gangguan lingkungan. Oleh karena itu, murai semakin digandrungi dan penggemarnya terus bertambah. Tidak heran jika kini pasarnya akan terus menggeliat dan meningkat seiring dengan mengorbitknya murai ring di kontes.

Prospek penangkaran murai ke depan diprediksi terus membumbung tinggi. Nilai jual murai anakan hasil breeding begitu menggiurkan. Kesempatan dan peluang pasar tersebut “langsung” disikapi para breeder yang tadinya menangkarkan burung kicauan jenis lain. Bahkan, para breeder cucakrawa mengungkapkan bahwa lebih mudah menangkarkan murai batu daripada cucakrawa. Alasannya, cucakrawa terlalu sensitif dengan gangguan lingkungan. Oleh karena itu, murai semakin digandrungi dan penggemarnya terus bertambah. Tidak heran jika kini pasarnya akan terus menggeliat dan meningkat seiring dengan mengorbitknya murai ring di kontes.

 

Sumber: Buku Sukses Beternak Murai Batu

 

Loading...
Loading...