Prospek Usaha Pemancingan Sangat Menggiurkan


Pertanianku – Memancing adalah salah satu kegiatan yang banyak disukai oleh masyarakat terutama laki-laki. Dahulu memancing banyak dilakukan di sungai. Namun, saat ini masyarakat memancing di kolam pemancingan.

prospek-usaha-pemancingan-menggiurkan

Bagi yang hobi memancing, orang tersebut pasti akan sering melakukan kegiatan menyenangkan ini di sela-sela waktu santainya. Namun, bagi Anda yang hobi memancing, pernahkah Anda terpikir menjadikan hobi tersebut sebagai peluang bisnis yang menguntungkan?

Melihat kondisi ini, beberapa orang memutuskan untuk membuat kolam pemancingan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya bagi mancingmania sekaligus sebagai sumber pendapatan atau sebagai usaha sampingan.

Ternyata, dari usaha berbasis hobi mancing ini, kita dapat menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang lumayan besar. Apalagi jika kolam pemancingan dikelola dengan sistem yang lebih baik dengan suasana yang lebih bersahabat, tentu akan membuat usaha sampingan kolam pemancingan semakin laris dan tentunya semakin banyak uang yang masuk ke kantung kita.

Strategi pemasaran usaha pemancingan

Salah satu hal yang penting dilakukan saat memilikiusaha pemancingan adalah pemasaran merupakan unsur kesuksesan dalam berbisnis. Untuk mensukseskan usaha kolam pemancingan, Anda dapat melakukan strategi pemasaran sebagai berikut:

  • Menyebar pamflet
  • Melakukan sistem bonus
  • Mengadakan kompetisi memancing

Prospek usaha pemancingan

Di kutip dari Neraca.co.id, Sebuah survei dari PFC (Pasundan Fishing Club) yang dilakukan pada 2010 lalu, mereka meneliti 40 lokasi pemancingan yang ada di sekitar Bandung dan hasilnya terdapat peningkatan pengunjung tiap tahunnya.

Dari segi omzet, dari 40 lokasi yang diteliti, dapat disimpulkan bahwa dalam sebulan omzet yang didapat bisa mencapai Rp1,2 miliar sebulan. Omzet tersebut belum termasuk pendapatan yang diperoleh dari penjualan joran, kail, ataupun makanan kecil yang disediakan di kolam pemancingan.

Baca Juga:  Dinas Pertanian Manado Bangun Tiga Kolam Ikan untuk Kelompok Tani Setempat

Namun demikian, terdapat kendala dalam menjalankan usaha kolam pemancingan, salah satunya semakin banyak orang menjalankan usaha kolam pemancingan. Semakin banyak peminat usaha kolam pemancingan, tentu semakin banyak saingan sehingga tingkat kompetisi di bisnis sampingan kolam pemancingan semakin besar.

Selain itu, kondisi cuaca yang kini tak menentu juga menjadi salah satu sebab mengapa usaha kolam pemancingan terhambat. Untuk itulah, tata kelola usaha pemancingan harus dibenahi dengan baik untuk mengatasi kendala tersebut.

loading...
loading...