Protein Hewani Kenari


Pertanianku – Pemenuhan kebutuhan protein hewani dapat dilakukan dengan memberinya telur dan cacing. Agar kenari menerima dan memakannya, pemberiannya disiasati dalam bentuk lain.

Protein Hewani Kenari

  1. Kuning telur

Pemberian kuning telur dapat dilakukan dengan mencampurkan pada pakan biji-bijian, kemudian menjemurnya hingga kering, dan ditambah madu. Dapat juga diberikan kuning telur rebus yang dibuat menjadi butiran. Biasanya kuning telur rebus diberikan pada anak kenari yang akan dipisahkan dari induknya. Telur yang dapat diberikan antara lain telur bebek, telur itik manila, telur ayam kampung, maupun telur ayam ras. Hindari pemberian telur asin sebab kadar garamnya dapat merusak suara kenari, khusus kenari jantan.

2. Cacing

Sebelum diberikan kepada kenari, cacing terlebih dahulu dijemur sampai kering, kemudian dibuat tepung atau remahan. Pemberiannya bisa dicampur dengan tepung roti atau tepung jagung dengan ditambahkan sedikit air sehingga menjadilumatan. Cacing sangat baik diberikan pada saat kenari betina membesarkan anak-anaknya atau pada saat telur akan menetas.

Pada kenari yang dipersiapkan untuk kontes, tepung cacing dicampurkan dengan pakan biji-bijian serta diberi madu dan kuning telur. Tujuannya untuk membuat stamina burungmenjadi lebih prima. Bisa juga diberikan dalam satu tempat. Cacing tanah dapat memacu suara kenari menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Indonesia Jadi Jalur Migrasi Burung Pemangsa
loading...
loading...